Bagaimana Alur Pengajuan Cicilan Home Credit? Berikut Penjelasannya!

0

Warnabiru.com, Sebagai sebuah platform kredit online yang berdiri di tahun 2013, Home Credit saat ini sudah mulai banyak berbenah. Home Credit memberikan fitur dan interface yang sangat mudah diakses melalui aplikasinya.

Platform pembiayaan ini hadir dengan prosedur pengajuan kredit yang semakin mudah sehingga siapa pun asalkan memenuhi syarat bisa mendapatkan pendanaan dari Home Kredit untuk membeli apapun yang dibutuhkan.

Jika Anda ingin tahu lebih lanjut tentang kredit multiguna Home Credit, berikut kami berikan penjelasan lengkapnya untuk Anda. Lets check these out!

Mengenal Home Credit dan KeunggulannyaAlur Pengajuan Cicilan Home Credit

Fintech Home Credit merupakan sebuah platform pembiayaan kredit yang berdiri di sebuah kota kecil di Republik Ceko pada tahun 1997. Selanjutnya memperluas jangkauan market dan bisnisnya ke berbagai negara yang lain.

Home Credit sampai tahun ini sudah beroperasi di sebanyak 10 negara diantaranya telah beroperasi di Republik Ceko, Kazakhstan, Rusia, Slovakia, Rusia, China, India, Filiphina, Amerika Serikat, Vietnam dan tentu saja di Indonesia seperti yang kita sudah bisa nikmati fiturnya bersama – sama sekarang ini.

Di Indonesia, Home Credit mulai beroperasi di area Jakarta pada tahun 2013. Kemudian sampai awal tahun 2017, bisnis mereka berkembang di wilayah Makassar, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Semarang, Denpasar, Malang, Medan, Pekanbaru, Palembang, Batam, Pontianak, Manado, Banjarmasin, serta Balikpapan.

Home Credit mulai berdiri di Indonesia pada tahun 2013 di area Jakarta. Sampai awal tahun 2017, bisnis ini kemudian berkembang di daerah Bandung, Surabaya, Yogyakarta, Makassar, Semarang, Denpasar, Malang, Medan, Pekanbaru, Batam, Banjarmasin, Manado, Pontianak, dan juga Balikpapan.

Pada awal perkembangan mereka di tahun 2017 lalu, kredit multiguna ini kemudian berhasil meraih penghargaan sebagai Best Employer di Asia Pasifik dan Afrika oleh Aon Hewitt. Pada tahun yang sama juga, Home Kredit berhasil meraih penghargaan sebagai Digital Brand 2017 di peringkat kedua pada kategori sebagai Perusahaan Pembiayaan terbaik.

Kinerja Home Credit sejak awal berkiprah memang sangat bagus. Kini semua orang bisa merasakan kemudahan pengajuan cicilan tanpa kartu kredit kurang lebih dalam waktu pencairan hanya 30 menit saja.

Home Credit selama ini selalu terfokuskan dalam hal menciptakan pengalaman yang menakjubkan dengan memberikan kemudahan kepada setiap customer dalam menggunakan semua layanannya.

Jika kita bandingkan antara Home Credit dengan pinjaman online multiguna lainnya, merek ini punya lebih banyak keunggulan yang sulit dan sangat jarang ditemukan pada aplikasi pinjaman online multiguna yang lainnya.

Beberapa keunggulan yang bisa Anda dapatkan dari kredit multiguna Home Credit meliputi :

Angka limit pinjaman yang tinggi

Soal limit pinjaman kredit multiguna Home Credit terbilang cukup tinggi jika dibandingkan yang lainnya sejak awal berdiri. Mereka juga tidak memberikan resiko penyitaan aset walau model blacklist BI tetap menjadi model yang mereka gunakan. Namun hal tersebut tentu cukup melegakan bagi pengguna lender yang satu ini.

Masa tenor lebih panjang

Dengan angka limit pinjaman yang cukup tinggi, hal tersebut menjadikan Anda memiliki kesempatan untuk memiliki masa tenor cicilan yang lebih panjang. Tak jarang kredit multiguna dengan model pembiayaannya dewasa ini mampu memberikan tenor pinjaman sampai dengan 12 bulan kepada customer atau nasabahnya.

Pemakaian yang lebih fleksibel

Keunggulan Home Credit yang lainnya adalah dapat Anda gunakan untuk berbagai tujuan mulai dari kebutuhan sehari – hari sampai dengan untuk pengembangan bisnis dan usaha. Sesuai dengan namanya, kredit multiguna Home Credit bisa Anda gunakan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Anda bisa tinggal pilih saja untuk apa menggunakan dan jangan asal lupa untuk melakukan pembayaran cicilan atau angsuran setiap bulannya agar Anda tidak mendapatkan resiko blacklist dari Home Kredit. Dengan pembayaran angsuran yang lancar, tentu saja Home Kredit juga akan membuat Anda lebih mudah nantinya untuk mengajukan kredit kembali setelah kredit pertama Anda lunas.

Panduan Pengajuan Kredit Dan Cicilan Home Credit

Alur Pengajuan Cicilan Home Credit
Panduan pendaftaran dan mengajukan cicilan home credit

Home Credit menyediakan dua macam pembiayaan untuk customernya. Adapun dua macam pembiayaan kredit yang bisa dilakukan dengan Home Credit sebagai berikut :

  • Pembiayaan di toko yang merupakan suatu pembiayaan non tunai yang Anda bisa gunakan dalam rangka membeli berbagai macam produk alat rumah tangga, produk elektronik, handphone dan juga furniture.
  • Pembiayaan multiguna yang bisa diajukan untuk pembiayaan renovasi rumah, biaya pendidikan atau bahkan untuk kegiatan pendanaan liburan.

Anda bisa memilih salah satu pembiayaan tersebut di Home Credit. Setelah Anda menentukan akan mencari pembiayaan kredit di Home Kredit melalui piranti kredit yang mana apakah untuk pembiayaan toko atau pembiayaan multiguna, Anda kemudian bisa melakukan pengajuan kredit yang Anda butuhkan.

Mengenai seperti apa alur pengajuan cicilan Home Kredit, langkah – langkahnya sebagai berikut :

Download aplikasi Home Credit

Hal pertama yang Anda harus lakukan adalah download aplikasi Home Credit. Klik link ini untuk mendownload!

Setelah Anda download aplikasi Home Credit di Play Store atau App Store, Anda buat akun di Home Credit. Setelah Anda memiliki akun, Anda akan temukan ada banyak opsi pembiayaan yang diberikan Home Credit.

Untuk mengambil pengajuan kredit dana tunai dari Home Credit, Anda bisa pilih DONA yaitu Dompet Online Multiguna. Anda bisa beli barang elektronik, ponsel dan juga furniture di Home Credit.

Dompet Online Multiguna

Seperti yang sudah kami ulas sedikit sebelumnya, DONA merupakan sebuah produk pembiayaan uang tanpa jaminan yang dikeluarkan oleh Home Credit.

Dalam Dompet Online Multiguna atau DONA ini sebelum Anda mengajukan pembiayaan untuk pembelian suatu produk, Anda harus memilih tujuan penggunaan dana tunai Anda dulu.

Caranya Anda pilih daftar tujuan yang telah disediakan didalam aplikasi. Setelahnya, Anda masuk ke penentuan jumlah plafon pinjaman serta tenor masa pinjaman. Dana tunai tanpa jaminan Home Credit memberikan berbagai macam fitur, diantaranya :

  • Plaform pinjaman dari 3 juta rupiah sampai dengan 25 juta rupiah
  • Tenor pinjaman sampai dengan 42 bulan

Lakukan pengisian formulir pendaftaran

Selanjutnya Anda harus isi formulir pendaftaran di aplikasi Home Credit. Hal – hal yang Anda harus lakukan sebagai berikut :

  • Upload foto KTP dan foto selfie sembari memegang KTP
  • Ketika pengambilan foto dan KTP, aplikasi Home Credit akan meminta izin akses di tempat penyimpanan file ponsel Anda.
  • Kemudian Anda sebagai calon peminjam, Anda harus mengisi data sebagai berikut :

Profil : Nama, nomor KTP, tempat lahir dan tanggal lahir

Kontak : diisi dengan nomor telepon yang bisa dihubungi

Alamat dan tempat tinggal : berisikan alamat domisili dan status tempat tinggal Anda

Penghasilan : berisikan gaji Anda per bulan, jenis pekerjaan dan ada tidaknya pembayaran cicilan kredit Anda di tempat lain

Izin akses akun

Setelah Anda melakukan pengisian formulir pendaftaran dan mengisi data sampai selesai, Home Credit akan meminta akses ke rekening bank atau rekening e-commerce atau transportasi online yang Anda sudah punya.

Jika Anda sudah setuju, Anda nantinya akan diminta untuk memberikan nomor rekening dan akses kepada Home Credit untuk menjelajah rekening tersebut. Permintaan ini bersifat optional atau tidak wajib.

Jika Anda merasa tidak nyaman dengan permintaan tersebut, Anda bisa untuk tidak memberikan. Namun jika Anda merasa percaya dengan izin akses tersebut, silahkan Anda berikan akses ke ponsel Anda kepada manajemen Home Credit.

Jika Anda memberikan akses tersebut, besar kemungkinan pengajuan pinjaman lebih cepat mendapatkan keputusan. Namun itu kemungkinan karena seperti apa manajemen Home Credit memberikan keputusan pinjaman tidak ada jaminan apapun soal hal tersebut.

Sebelum Anda ikuti alur pengajuan cicilan Home Credit diatas, baiknya Anda cari tahu dulu syaratnya apa saja yang Anda harus siapkan. Hal tersebut penting karena akan berpengaruh diterima atau ditolaknya pengajuan Anda.

Adapun syarat – syarat yang harus dipenuhi dalam pengajuan kredit di Home Credit sebagai berikut :

  • Anda sudah berusia diatas 19 tahun jika sudah menikah dan berusia diatas 21 tahun jika masih belum menikah atau masih lajang.
  • Memiliki penghasilan tetap minimal 1,5 juta per bulannya. Kecuali daerah Yogyakarta dan Semarang memiliki penghasilan tetap minimal 1,2 juta per bulan.
  • Memiliki KTP asli yang masih berlaku dan paling tidak memiliki 1 dokumen pendukung yang asli

Faktor Kelolosan Cicilan Home Credit
Alur Pengajuan Cicilan Home Credit

Sudah merasa semua syaratnya dipenuhi kok masih saja tidak lolos dalam pengajuan pinjaman Home Credit?

Ternyata ada beberapa faktor yang memengaruhi lolos tidaknya pengajuan pinjaman Home Kredit diantaranya meliputi :

  • Syarat minimum harus dipenuhi
  • Besaran gaji, kebutuhan dan hutang balance alias tidak mengalami defisit
  • Memiliki pekerjaan tetap atau usaha yang sudah berjalan bukan yang masih baru dibangun

Jika memang ada penolakan yang diberikan atas pengajuan Anda, semua hal terkait alasan penolakan pengajuan kredit akan diberikan selengkap – lengkapnya, sedetail – detailnya dan sejujur – jujurnya oleh pihak Home Credit.

Informasi penolakan beserta alasannya diberikan sebenar – benarnya kepada setiap calon nasabah yang pengajuannya ditolak melalui SMS dalam kurun waktu sekitar 1 jam setelah keputusan diambil.

Agar pengajuan Anda tidak ditolak, ada beberapa cara cepat untuk mendapatkan persetujuan kredit melalui Home Credit yang Anda harus tahu dan pahami diantaranya :

Jawab pertanyaan survey dengan tepat

Tim Survey dari Home Kredit yang ditunjuk akan segera melakukan verifikasi atas data diri yang Anda ajukan. Dalam memberikan prosedur verifikasi, tim survey tersebut akan menanyakan beberapa hal. Pertama, Anda akan ditanya untuk siapa barang tersebut Anda kredit. Anda bisa jawab untuk diri sendiri.

Pertanyaan kedua, berapa penghasilan bulanan Anda. Anda bisa jawab penghasilan Anda dan usahakan mencapai angka minimum yang ditetapkan. Tentu semakin besar penghasilan juga akan semakin besar kesempatan Anda mendapatkan persetujuan.

Lengkapi semua persyaratan yang diperlukan

Sebuah lembaga kredit termasuk Home Credit tentunya sudah menetapkan syarat yang harus dipenuhi oleh nasabah atau customer jika ingin melakukan pengajuan kredit. Dalam hal tersebut, pihak nasabah Home Credit harus melengkapi persyaratan yang berupa KTP asli yang ia miliki serta 1 dokumen pendukung penting seperti NPWP, kartu BPJS, SIM, tagihan listrik atau lainnya yang diminta.

Siapkan nomor telepon Anda dan kerabat yang bisa dihubungi

Anda juga perlu menyiapkan nomor pribadi yang masih dalam kondisi aktif dan masih dapat dihubungi. Anda juga akan mendapatkan kode verifikasi persetujuan kredit. Anda perlu melampirkan kurang lebih sebanyak 3 buah nomor yang terdiri atas nomor saudara kandung Anda atau orang tua, nomor ponsel teman Anda dan nomor bos atau rekan kerja Anda juga bisa Anda sertakan.

Namun yang paling aman adalah nomor orang tua atau kerabat yang Anda sertakan. Sebenarnya mereka nantinya akan dihubungi dalam waktu sekitar 1 jam setelah pengajuan. Mereka akan ditanyai perihal tentang tempat tinggal Anda dan pekerjaan Anda. Namun soal semua rahasia Anda tenang saja Home Kredit tidak akan membocorkannya kepada keluarga atau teman – teman Anda yang dihubungi tersebut.

Setelah form pengajuan kredit yang Anda ajukan selesai diisi dan dikoreksi oleh petugas Home Credit, selanjutnya Anda dapat menunggu kurang lebih selama 1 x 12 jam untuk bisa tahu apakah pengajuan kredit Anda disetujui atau ditolak.

Jika semua datanya dinyatakan valid dan Anda bisa diverifikasi dengan cepat, maka pengajuan Credit Anda akan langsung disetujui kemudian Anda akan diberikan kontrak kredit yang Anda harus tanda tangani. Setelah semuanya di ACC, Anda bisa langsung membawa pulang barang yang Anda kredit di toko mitra Home Kredit. Cukup mudah dan bisa diikuti bukan penjabaran diatas?

BACA JUGA: Cara Mendapat Limit Kredit Akulaku Terbaru

Cara Pengembalian Pinjaman Home CreditAlur Pengajuan Cicilan Home Credit

Setelah Anda diterima atau di ACC dalam pengajuan kredit di Home Kredit, selanjutnya Anda harus membayar pengembalian pinjaman Home Credit sesuai tenggang waktu yang diberikan. Home Credit memberikan kemudahan bagi setiap konsumennya untuk membayar cicilan.

Anda bisa membayar cicilan Anda di mitra pembayaran Home Credit. Anda bisa bayar uang muka atau cicilan bulanan disana. Beberapa mitra pembayaran Home Kredit yang bisa menjadi tempat Anda untuk melakukan pembayaran diantaranya seperti :

  • Bank BCA, BNI, BRI, Mandiri, Bank Pertama
  • Anda juga bisa membayar melalui ATM Bersama
  • Pos Indonesia dan Tokopedia
  • Alfamart, Alfamidi, DanDan, Lawson dan Indomaret

Dalam proses pembayaran tagihan, Anda bisa melakukan pelunasan pembayaran awal di 15 hari pertama setelah kontrak ditandatangani. Anda hanya perlu membayar total biaya pokoknya saja. Akan tetapi jika Anda ingin melakukan pelunasan lebih awal setelah kurun waktu 15 hari pertama, Anda harus membayar cicilan di bulan selanjutnya dengan membayar total biaya pokok dan biaya pelunasan awal sebesar 150 ribu rupiah.

Pastikan Anda membayar cicilan bulanan tepat waktu. Jauh lebih baik juga jika Anda membayar cicilan bulanan yang dibebankan sebagai bentuk tagihan atas kredit yang Anda ajukan 3 hari lebih cepat demi menghindari masalah keterlambatan proses pembayaran dan demi agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

Dengan menghindari keterlambatan, Anda akan terhindar juga dari denda pembayaran cicilan yang dibebankan. Sehingga jika lunas dan ingin melakukan kredit lagi, Anda bisa mendapatkan kredit dengan jauh lebih mudah.

BACA JUGA: 15 Aplikasi Pinjaman Tanpa Slip Gaji Dan NPWP Yang Terdaftar di OJK

Itulah bagaimana alur pengajuan cicilan Home Credit beserta informasi selengkapnya tentang syarat dan cara pengembalian pinjaman. Semoga informasi yang kami berikan diatas menjadi informasi yang bermanfaat untuk Anda. Punya pertanyaan? Ajukan Komentar!

 

APA PENDAPAT ANDA

Silahkan masukan komentar
Masukan nama Anda disini