Cara Menonaktifkan Whatsapp Otomatis Download Media

0

Kali ini saya akan membagikan cara menonaktifkan Whatsapp otomatis download foto & video. Mungkin saat membaca artikel ini kuota paket data kalian bocor terus-terusan karena whatsapp mengunduh Media berupa foto dan video yang di bagikan oleh kontak dan grup whatsapp yang kita ikuti. Hal itu tentu menjengkelkan. Apalagi jika foto, meme, video yang dikirimkan gak jelas maksudnya.

Nah, permasalahan utamanya adalah, kadang Kita ingin keluar dari grup tapi ada rasa sungkan dan akhirnya kita tetap stay sambil melototin file yang tiap hari menumpuk di memori smartphone kita. Selain itu kuota data akan lebih boros jika tidak di batasi penggunaanya. Akibatnya performa smarphone kita menjadi lelet karena internal storage penuh dengan file sampah, Hal itu pastinya membuat kuota data bulanan kita juga semakin terkikis.

Nah, jika kalian mengalaminya, Saya akan membagikan cara untuk menonaktifkannya dengan beberapa langkah mudah, kalian tinggal mengikuti langkah-langkah di bawah.

Cara Menonaktifkan Whatsapp Otomatis Download Foto & Video

Ada dua langkah yang bisa kalian lakukan untuk menonaktifkan Whatsapp Download Otomati foto dan media. Kalian bisa memilih yang paling sesuai untuk kebutuhan.

1. Menonaktifkan Download Otomatis Whatsapp Secara Global

Cara ini sangat cocok jika kuota internet kita terbatas, sebab aplikasi whatsapp tidak akan menyimpan media apapun lagi ke perangkat seluler kita, sehingga kuota kita bisa lebih awet. Berikut cara menerapkannya:

  • Masuk Ke aplikasi whatsapp, Klik simbol titik tiga dan pilih Setelan

.

  • Pilih pengaturan CHAT dan cursor kebawah pada Visibilitas Media, lalu kosongkan Centang.

Dengan begitu seharusnya aplikasi Whatsapp kalian tidak download media secara otomatis lagi. Cara ini memungkinkan pengguna untuk mengunduh file dan media secara manual dengan melakukan tab pada gambar atau video yang terdapat di kolom chat. Namun jika kalian ingin menonaktifkan download otomatis secara costum pada grup tertentu saja, Kalian bisa mencoba cara dibawah ini.

2. Cara Menonaktifkan Download Otomatis Whatsapp Pada Grup Tertentu

Pilih kontak atau grup yang akan di nonaktifkan dan tekan pada nama atau profil grup. Kemudian tab di bagian visibility di bawah info profil seperti pada gambar dibawah ini.

setelah keluar menu Show newly downloaded media from this chat in your phone’s gallery pilih saja NO dan tekan Ok. Itu adalah setting otorisasi untuk download media secara otomatis bila smarphone terhubung internet, jika kalian ingin mengaktifkan lagi tinggal tap panel diatas.

Tutorial di atas hanya menonaktifkan auto download media di kontak atau grup yang sudah di setting otoritasinya, sehingga kontak lain yang belum di set masih aktif auto downloadnya. Apabila kalian menginginkan menonaktifkan fitur auto download di seluruh kontak whatsapp maka anda bisa memakai cara pertama tadi.

Tips lain untuk yang mungkin bermanfaat

Untuk lebih menghemat kuota data, jangan sering-sering melihat status story, apalagi story durasi video kecuali kalian berada di jaringan wifi, kalian juga bisa bisukan kontak yang terlalu sering membuat story video yang menurut kalian tidak terlalu penting agar tidak tertekan saat cek story teman.

Itulah penjelasan Saya tentang Cara menonaktifkan whatsapp download otomatis. Semoga tips yang saya bagikan membantu untuk menghemat kuota paket data kalian.

Tinggalkan Balasan