Bagaimana Sih Cara Menghasilkan Uang Dari Blog? Berikut Informasi Lengkapnya

0

Apakah blog bisa menghasilkan uang? dan bagaimana Langkah awal monetisasi blog? Itulah pertanyaan yang sering diajukan banyak orang yang penasaran dengan penghasilan seorang blogger. Jika saat ini anda memiliki pertanyaan yang sama, maka pada artikel kali ini kami akan mengulas cara menghasilkan uang dari blog.

Membangun blog adalah salah satu cara untuk menghasilkan uang dari internet. Profesi tersebut telah dilakukan banyak orang baik untuk mengisi waktu luang atau bahkan menjadikannya sebagai pekerjaan utama. Aktifitas tulis-menulis pada blog biasa di sebut dengan istilah blogging.

Pada umumnya, sebuah blog baru bisa menghasilkan uang secara rutin saat berumur 2 tahun. Dengan catatan jika pemilik blog tersebut merawat dan rajin memposting artikel berkualitas didalamnya.

Penghasilan yang mereka dapatkan pun beragam. Seorang blogger mampu menghasilkan ratusan ribu hingga jutaan rupiah perharinya, tergantung dari bagaimana strategi dan kreatifitas untuk memaksimalkan penghasilan dari blog yang sedang dikelolanya.

Penasaran Bagaimana cara mereka menghasilkan uang dari Blog? Simak artikel berikut ini.

Cara menghasilkan uang dari Blog


1. Memasang Iklan PPC

Cara ini adalah metode monetisasi blog yang paling umum digunakan oleh para Blogger hingga saat ini. Memonetisasi sebuah blog dengan memasang iklan dapat memberikan pemasukan kepada pemiliknya apabila blog tersebut di kunjungi oleh orang lain.

Untuk memenuhi persyaratan agar bisa menayangkan iklan, sebuah blog haruslah mematuhi aturan dari pihak penyedia iklan. Yakni Blog harus memiliki konten Original buatan sendiri (bukan hasil COPAS / Plagiat) dan beberapa persyaratan lain.

Dari segi penghasilan, memasang iklan PPC pada blog terbilang sangat menjanjikan, karena Jika visitor blog tersebut banyak maka pemiliknya akan mendapatkan pasif income dalam jutaan, puluhan atau bahkan ratusan juta perbulan.


2. Menyediakan Slot iklan pribadi

Cara ini sama seperti metode diatas namun perbedaannya adalah iklan yang dipasang adalah iklan yang didapatkan secara pribadi. Cara ini memungkinkan sebuah blog mendapat hasil yang lebih banyak dari memasang iklan daripada memasang iklan dari pihak ketiga.

Untuk menggaet minat pengiklan beberapa langkah yang bisa dilakukan adalah dengan memasang banner atau wigged berisi slot iklan yang memberitahu orang lain untuk memasang iklan di sana.

Pembayaran iklan pribadi biasanya dihitung bedasarkan jumlah Views tergantung dari kesepakatan yang anda buat dengan pihak pengiklan.

3. Mengikuti Progam Affiliasi

Progam Affiliasi sangat berguna untuk meningkatkan penghasilan blog. Terlebih lagi jika konten blog tersebut sesuai dengan produk affiliasi tersebut.


4. Menjual Jasa

Cara monetisasi blog selanjutnya adalah dengan menjual jasa dan keahlian yang anda kuasai melalui blog. Berkaitan dengan jasa ada banyak hal yang bisa anda tawarkan, beberapa yang umum seperti jasa review produk misalnya.

Beberapa tahun yang lalu Mereview Produk merupakan cara populer untuk mendapatkan uang dari Blog. Namun seiring waktu sepertinya cara ini kini jarang sekali dipilih oleh pengiklan.

Namun Jika trafik blog anda tinggi, tentulah masih banyak perusahaan yang mungkin berminat untuk mengiklankan produknya untuk diulas disitus anda.

Bicara soal jasa ada banyak sekali yang bisa anda tawarkan melalui blog. Beberapa jasa yang umum ditawarkan melalui blog adalah:

  • Review Produk
  • Desain website
  • SEO dan Optimasi kata kunci
  • Menulis Artikel
  • Jasa Pembayaran Online
  • Dan lain-lain

5. Berjualan Produk Sendiri

Mempunyai produk sendiri? anda dapat memasarkannya melalui blog. Perlu diketahui bahwa pada kenyatannya banyak orang membeli produk online yang tidak pernah mereka coba karena tertarik oleh ulasan dan review dari blog.

Beberrapa produk yang umum dijual melalui blog adalah:

  • Buku
  • Ebook
  • Herbal
  • Pakaian Dan Kaos
  • Foto

Contoh diatas hanya sebagian kecil dari produk buatan sendiri yang bisa dijual melalui blog.


6. Menawarkan Bimbingan Privat

Anda ahli bahasa asing? tentu saja anda dapat menawarkan bimbingan kepada orang lain melalui blog. Privat secara khusus melalui media online saat ini lebih dipilih banyak orang dengan alasan tidak memiliki waktu untuk belajar keluar rumah.

Selain itu cara ini juga sangat cocok bagi anda yang kurang percaya diri jika bertemu langsung dengan orang lain. Dengan begitu Anda bisa memberikan pengajaran dengan bebas tanpa rasa khawatir.


7. Komunitas Membership Berbayar

Cara ini belum populer di negri kita namun apa salahnya untuk dicoba. Membuat komunitas online berbayar pada blog adalah dengan membuat konten terbatas yang hanya bisa dilihat oleh orang yang membayar untuk menjadi anggota premium.

Pada umumnya blog seperti ini menyediakan konten gratis yang isinya sangat berkualitas, namun beberapa fitur paling penting didalamnya tidak dapat dibuka. Untuk dapat menikmati semua fitur yang tersedia, pengguna harus meningkatkan level keanggotaan ke tingkat premium.


Kesimpulan

Blogging merupakan pekerjaan yang masih berpeluang sangat luas jika dikerjakan dengan sungguh-sungguh. Dimana ada banyak cara untuk monetisasi blog yang sedang kita kelola. Beberapa cara monetisasi blog yang umum digunakan dengan memasang iklan, menjual jasa, menjual produk, Bimbingan privat membuat komunitas membership berbayar. berbagai cara lain tergantung bagaimana kreatifitas pemiliknya.

Namun lagi-lagi itu semua harus dibeli dengan kerja keras extra sampai mereka berhasil mencapai posisi keberhasilan tersebut. Karena pada kenyataannya hal itu tidaklah mudah. Ada banyak sekali tantangan yang harus dilalui seseorang saat mulai membangun sebuah blog. Sehingga banyak dari blogger yang berhenti menekuninya saat baru sampai ditengah jalan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here