Bagaimana Cara Mengganti Kartu ATM rusak?

0

Kartu ATM merupakan alat canggih yang dikeluarkan perbankan untuk mempermudah transaksi keuangan nasabahnya. Kartu ini memiliki banyak fungsi mulai dari manarik dana, setor tunai, cek saldo, transfer dan masih banyak lagi. Semua kemudahan yang ditawarkan melalui kartu ATM inilah yang membuat orang berpikir ada yang tidak lengkap jika hidup di zaman sekarang tapi tidak memiliki kartu ATM.

Kartu ATM sangat rawan rusak jika penggunanya kurang menjaga cara pemakaian dan juga cara penempatannya. Oleh sebab itu disarankan untuk selalu menaruhnya di dalam dompet dan memisahnya dari benda lain untuk menghindari gesekan saat mengeluarkan dari dompet. Penggunaan yang baik tentu akan membuat kartu Anda lebih awet hingga masa berlakunya habis. Namun jika saat ini kartu ATM Anda sudah terlanjur rusak, Berikut kami bagikan informasi seputar syarat dan tahapan yang harus dilalui untuk mengganti kartu ATM lama dengan kartu ATM yang baru.

Cara Mengganti Kartu ATM rusak

1. Kunjungi bank penerbit kartu ATM Anda

Saat mengetahui ATM tidak berjalan sebagaimana mestinya, Anda harus segera pergi ke bank untuk mengajukan kartu yang baru. Silahkan menemui customer service dan beritahukan niat Anda untuk mengganti kartu ATM rusak dengan ATM baru.

Persyaratan yang perlu disiapkan saat mengajukan penggantian kartu rusak adalah:

  • KTP (kartu tanda penduduk)
  • Buku tabungan
  • Barang bukti (biasanya berupa kartu ATM lama yang telah rusak).

Berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk penggantian kartu ATM rusak? Hal itu tergantung bank penerbit kartu yang bersangkutan. Umumnya Anda hanya diminta untuk membayar sejumlah biaya pembelian matrai saja.

2. Jangan buang barang bukti

Meski kartu ATM Anda telah rusak, jangan pernah berpikir untuk membuangnya! Sebab kartu tersebut masih akan dibutuhkan sebagai bukti pada saat Anda mengajukan kartu yang baru.

Saat mengajukan kartu ATM yang baru Anda akan diminta memberikan kartu yang lama. Nah pada tahap ini jika Anda tidak Bisa menunjukan kartu tersebut rusak, kemungkinan besar pihak bank akan menyuruh Anda untuk meminta surat kehilangan dari kepolisian.

3. Mengisi formulir penggantian kartu ATM

Anda akan diminta mengisi formulir pengajuan kartu ATM baru. Pada formulir tersebut terdapat sejumlah kolom yang harus diisi oleh nasabah dan beberapa diisi oleh Costumer service. Silahkan mengisi bagian yang diminta oleh customer service. Setelah proses pengisian selesai barulah kartu baru akan diterbitkan oleh pihak bank.

4. Membuat pin untuk ATM baru

Setelah proses tersebut selesai, tidak lama kemudian Anda akan diberi kartu baru namun masih belum bisa digunakan. Untuk menggunakannya Anda perlu membuat pin baru dengan mengikuti intruksi yang diberikan.

Itulah cara mengajukan penggantian kartu ATM rusak di bank. Pada tahap ini kartu ATM Anda sudah dapat berfungsi dengan baik seperti sebelumnya. Agar masalah yang sama tidak terulang dikemudian hari, ada baiknya Anda menyimak tips agar kartu ATN tidak mudah rusak.

Tips agar kartu ATM tidak mudah rusak

  • Biasakan untuk menempatkan kartu ATM didalam dompet.
  • Hindari menaruh ATM bersama benda lain yang berpotensi menggores permukaan kartu ATM.
  • Jauhkan kartu ATM dari suhu yang panas.
  • Sebisa mungkin hindari goresan saat menggunakannya.
  • Hindari menaruh kartu ATM di tempat berdebu.

Itulah artikel WarnaBiru mengenai cara mengajukan penggantian kartu ATM rusak dengan kartu yang baru. Jika Anda memiliki pertanyaan seputar permasalahan kartu ATM rusak? Jangan ragu untuk bertanya melalui kolom komentar. Kami akan segera menjawab pertanyaan semua dari Anda.

Tinggalkan Balasan