Cara Membuat Laporan Keuangan Rugi Laba

0

Warnabiru.com, Membuat Laporan Keuangan – Dalam suatu bisnis pembuatan laporan keuangan sangat penting untuk mengetahui perkembangan atau pergerakan suatu perusahaan. Pada artikel ini kita akan membahas langkah-langkah mudah dalam menyiapkan laporan keuangan perusahaan jasa, yang dimaksud dengan perusahaan jasa adalah perusahaan yang berspesialisasi dalam menangani atau menyediakan jasa di bidang jasa penjualan atau keahlian, misalnya jasa desain, make up artist layanan, bengkel, persewaan, dan sebagainya.

Cara membuat laporan keuangan perusahaan?

Tidak jauh berbeda dengan laporan keuangan perusahaan perdagangan dan manufaktur, yaitu laporan keuangan yang dibuat dalam bentuk catatan dari setiap kegiatan perusahaan dan tindakan yang berkaitan dengan uang yang masuk dan keluar dalam periode waktu tertentu, sekarang kita akan memulai langkah-langkah di bawah ini:

Langkah Satu: Tentukan Laporan Keuangan Perusahaan sebagai Utama

Di setiap perusahaan, laporan keuangan yang dibutuhkan berbeda. Langkah pertama ini Anda harus memutuskan laporan keuangan apa yang akan disajikan kepada perusahaan Anda, tetapi disarankan agar Anda memiliki komponen utama dalam membuat laporan keuangan perusahaan jasa seperti Neraca, Laporan Laba Rugi, Laporan Perubahan Modal, dan Laporan Arus Kas (Cash Flow Statement).

Langkah Dua: Buat Neraca

Setelah Anda menentukan laporan yang dibuat, pada langkah kedua ini Anda dapat mulai membuat Neraca. Neraca biasanya disebut pernyataan posisi keuangan pada perusahaan jasa yang menyajikan informasi tentang perubahan perubahan posisi keuangan yang berisi informasi tentang perubahan posisi keuangan seperti aset, kewajiban, dan modal dalam periode akuntansi tertentu dalam suatu perusahaan.

Langkah Tiga: Buat Laporan Untung / Rugi

Laporan untung / rugi adalah laporan yang menyajikan semua pendapatan dan pengeluaran perusahaan dalam satu periode akuntansi. Ada begitu banyak fungsi laporan laba rugi seperti dapat memberikan informasi tentang kondisi suatu perusahaan apakah perusahaan itu untung atau rugi, memberikan informasi tentang jumlah total pajak yang harus dibayar, menjadi referensi bagi investor untuk mengetahui perkembangan perusahaan, dan banyak lainnya.

Langkah Empat: Buat Laporan Perubahan Modal

Selain neraca dan laporan laba rugi, laporan perubahan modal penting dalam penyusunan laporan keuangan. Laporan perubahan modal adalah laporan keuangan yang memberikan informasi tentang semua hal yang berkaitan dengan modal dan apa yang menyebabkan modal berubah dalam periode transaksi.

Unsur-unsur dalam laporan perubahan modal adalah modal awal, laba / rugi bersih, deposito / penarikan, dan modal akhir. Modal dapat meningkat jika laba lebih besar dari pengambilan pribadi (prive). Dan modal akan berkurang jika laba lebih kecil dari harga dan kerugian ditambahkan ke harga.

Langkah Kelima: Buat Laporan Arus Kas

Laporan arus kas adalah laporan keuangan yang berisi arus kas masuk dan keluar perusahaan dalam periode tertentu. Laporan ini biasanya berisi informasi tentang kegiatan operasional, investasi dan keuangan. Laporan ini disusun dengan tujuan memberikan informasi yang memungkinkan pengguna laporan keuangan untuk menilai dampak kegiatan ini terhadap posisi keuangan perusahaan serta jumlah uang tunai dan setara kas.

Itulah langkah mudah yang bisa Anda ambil jika Anda ingin membuat laporan keuangan untuk perusahaan. Anda dapat menggunakan teknologi, seperti software akuntansi untuk membuat laporan keuangan lebih mudah. Semoga bermanfaat dan memberikan dampak positif bagi bisnis Anda ya

 

APA PENDAPAT ANDA

Silahkan masukan komentar
Masukan nama Anda disini