Cara Membuat Akun YouTube

0

YouTube merupakan salah satu aplikasi yang paling digemari. Selain berguna untuk menyimpan file video, Youtube juga memiliki banyak konten video yang tidak akan habis untuk di lihat selama ribuan tahun. Hal itu juga yang membuat Youtube menjelma sebagai alat pencarian nomor 2 di dunia.

Saat ini, YouTube tidak hanya dijadikan bahan hiburan dan pembelajaran saja, namun juga menjadi ajang untuk mencari uang.

Siapa yang tidak tergoda, hanya dengan memposting video saja, Anda akan memperoleh penghasilan. Sekaligus membuat sang pemiliknya menjadi terkenal.

Lalu bagaimana cara membuat akun YouTube? Pertama, Anda harus memiliki akun google. Jika belum punya berikut panduan membuatnya.

Membuat Akun Google

Hal yang diperlukan untuk membuat akun google adalah melalui gmail. Gmail merupakan sarana untuk menerima pesan elektronik sebagaimana mana akun yahoo.

  • Masuk ke www.gmail.com. Kemudian akan muncul kolom berupa sign in.
  • Untuk membuat akun google, silakan klik tulisan ‘create account’

  • Setelah itu, isi identitas yang dibutuhkan seperti Nama Depan, Nama Belakang, Username, dan Password. Kemudian klik Next.

  • Setelah itu, lanjutkan dengan memasukan Nomor HP, Email, tanggal kelahiran, serta jenis kelamin Anda.

  • Selanjutnya anda akan diarahkan pada halaman Privacy & Terms. Silahkan Klik ‘I Agree’

Selesai, kini Anda sudah memiliki akun gmail/google. Lanjutkan ke tahap berikutnya.

 

Membuat Akun YouTube

Apabila anda telah terhubung dengan akun google melalui gmail, hal tersebut dapat memudahkan akses ke YouTube. Mengapa demikian? karena secara resmi dan otomatis anda telah terhubung ke dalam akun YouTube milik anda sendiri dengan nama yang terdaftar dalam gmail anda. Bagaimana cara melakukan pengecekan dan pembuatannya?

  • Masuk ke www.youtube.com, klik login pada pojok kanan atas

  • Pada halaman selanjutnya anda diharuskan untuk memasukkan ID dan Password gmail yang terdaftar, kemudian klik Next/Berikutnya

  • Setelah proses log in selesai, maka secara otomatis anda sudah mempunyai akun YouTube dengan username sesuai dengan akun gmail anda.

  • Foto dari akun YouTube anda akan otomatis sama dengan nama dan foto akun google yang sebelumnya anda buat. Anda dapat mengganti nama dan foto akun YouTube secara manual.

Cara membuat channel Youtube

Sayangnya, membuat akun saja hanya memungkinkan anda untuk menonton, like, subscribe, dan mengomentari sebuah video saja. Lalu bagaimana caranya membuat channel agar bisa mulai mengunggah video?

Masih di halaman www.youtube.com. Coba perhatikan gambar dipojok kanan atas lalu klik pada profil, kemudian klik tulisan ‘Channel Saya’

Pada halaman selanjutnya Anda bisa mulai mengisi nama channel yang nantinya akan ditampilkan di YouTube. Kemudian, klik ‘Buat Channel’ jika kolom nama sudah diisi.

Selesai, hanya dengan hitungan menit anda sudah membuat channel youtube.

Tips Youtubers Dasar

Menjelajahi akun YouTube Itu Penting
Dengan memiliki akun YouTube, tentunya selain memungkinkan anda untuk membuat channel dan mengunggah video, juga memungkinkan anda untuk menjelajahi akun youtube secara leluasa. Fasilitas ini tentu harus anda gunakan dengan baik.

Hal ini memungkinkan anda untuk berlangganan channel milik orang lain dengan notifikasi rutin setiap ada video baru yang diunggah atau pun anda dapat leluasa berkomentar dan menyukai video. Selain itu anda juga dapat memasukkan video dalam kategori ‘lihat nanti’ (watch later) maupun awaiting list.

Untuk menjadi youtubers yang populer atau sukses, tentu menjadikan banyak vlogger atau video channel lain sebagai panduan/motivasi itu sangat penting.

Oleh karenanya, menjelajahi akun YouTube setelah membuat akun atau membuat channel merupakan hal yang tak kalah pentingnya.

Untuk permulaan awal, mungkin anda bisa melihat berbagai referensi video yang ada di google. Carilah referensi video menarik yang sesuai dengan kategori video yang akan anda unggah nantinya. Dengan begitu, tentunya anda lambat laun akan mempunyai gambaran yang lebih matang untuk kedepannya.

Tinggalkan Balasan