Cara Beriklan di Instagram

0

Pernahkan Anda terpikir untuk memasarkan produk atau jasa melalui Instagram? Jika pernah, mungkin sudah saatnya Anda mencoba Instagram Ads. Instagram Ads adalah salah satu program pemasaran online milik Instagram yang memungkinkan Anda untuk memasang iklan di beranda atau story pengguna yang menjadi target pasar perusahaan Anda. Beberapa perusahaan memilih metode ini karena biayanya lebih murah dan jangkauannya lebih pasti. Tertarik? Berikut ini cara beriklan di Instagram.

Membuat Profil Instagram Bisnis

Untuk beriklan di Instagram, Anda perlu mengubah akun personal Instagram Anda menjadi akun bisnis. Caranya mudah. Pertama-tama, masuklah ke akun Instagram Anda dan buka bagian profil. Setelah itu, masuk ke dalam menu setting. Anda akan menemukan pilihan untuk mengubah profil pribadi menjadi profil bisnis.

Selanjutnya, Anda akan diminta untuk menghubungkan akun Instagram bisnis Anda dengan Facebook Page. Anda bisa menggunakan Facebook Page lama atau membuat yang baru, kemudian pilih kategori yang sesuai. Setelah itu, Anda bisa mengisi profil Facebook Page sesuai informasi perusahaan untuk memudahkan konsumen menghubungi Anda.

Pilih Konten yang Ingin Anda Promosikan

Anda dapat memilih salah satu konten menarik dari feed Instagram untuk dipromosikan. Pastikan konten tersebut mewakili produk/jasa yang ditawarkan perusahaan Anda. Setelah itu, tekan tombol “promosikan” yang terletak di bagian kanan bawah unggahan Anda.

Saran kami, aturlah feed Instagram semenarik mungkin agar ketika calon konsumen berkunjung ke akun Anda, mereka akan tertarik untuk melihat-lihat. Ibaratnya, feed Instagram adalah etalase toko tempat Anda meletakkan barang dagangan. Oleh sebab itu, tatalah secantik dan semenarik mungkin. Gunakanlah kalimat-kalimat persuasif yang menarik pada kolom komentar agar semakin menarik perhatian calon konsumen.

Tentukan Metode Pemasaran Anda

Setelah menekan tombol “promosikan”, Anda akan digiring ke halaman pengaturan Instagram Ads. Di sini, Anda akan diminta untuk memilih ke mana Anda ingin mengarahkan calon konsumen setelah menerima iklan. Anda bisa memilih antara menggiring mereka ke profil, website, atau etalase toko Anda. Selanjutnya, sesuaikan konten promosi dengan target pemasaran kalian.

Jika yang Anda kejar adalah engagement media sosial, sebaiknya pilih untuk menggiring konsumen menuju profil. Jika yang Anda harapkan adalah peningkatan kunjungan ke website, pilihan kedua bisa menjadi pilihan yang tepat. Sementara itu, untuk Anda yang mengharapkan konsumen untuk berkomunikasi langsung dengan tim marketing, bisa memilih mengarahkan mereka langsung ke etalase toko.

Tentukan Target Audiens

Pada bagian ini, Anda akan diminta untuk memilih target audiens yang akan menerima iklan Anda. Terdapat dua pilihan, yakni “otomatis” atau “buat milik sendiri”. Apabila Anda memilih “otomatis”, Instagram akan memunculkan iklan Anda pada beranda pengguna yang serupa dengan pengikut Anda, atau memiliki ketertarikan dengan konten yang serupa dengan milik Anda.

Sementara itu, apabila Anda memutuskan untuk memilih “buat milik sendiri’, Instagram akan mengarahkan Anda untuk masuk ke pengaturan. Anda akan diminta untuk mengisi detail audiens yang Anda inginkan, mulai dari wikayah, minat, usia, hingga jenis kelamin. Pilihan ini cocok untuk Anda yang sudah tahu pasti target pasar yang ingin Anda sasar.

Tentuken Bujet untuk Beriklan di Instagram

Setelah menentukan target audiens, selanjutnya Anda perlu menentukan jumlah anggaran untuk beriklan di Instagram. Harga yang ditawarkan bervariasi, mulai dari Rp10.000,00 per hari hingga Rp10.000.000 per hari. Selain anggaran, Anda juga bisa mengatur jangka waktu pemasangan iklan, antara 1—30 hari. Penentuan ini dapat Anda sesuaikan dengan bujet yang telah Anda siapkan.

Bagi Anda yang baru awal merintis bisnis, saran kami sebaiknya pilihlah iklan dengan harga termurah, namun durasinya panjang. Dalam hal ini, meskipun jangkauannya lebih kecil, langkah ini bisa menjadi permulaan Anda dalam mempelajari lebih lanjut cara-cara berpromosi yang efektif di Instagram.

Proses Review dan Pilihan Pembayaran

Langkah terakhir dari cara beriklan di Instagram adalah pemilihan metode pembayaran. Anda dapat memilih antara kartu debit atau kredit. Anda juga akan diminta kembali mengecek detail pemesanan iklan yang telah Anda isi pada halaman-halaman sebelumnya, serta pratinjau iklan Anda. Jika sudah lengkap dan sesuai, Anda bisa menekan tombol “buat promosi”.

Untuk metode pembayaran, kami lebih menyarankan Anda untuk memilih kartu debit. Hal ini untuk menghindari adanya pembengkakan biaya di kemudian hari. Pisahkan juga antara rekening pembayaran iklan Anda dengan rekening pribadi agar tidak tercampur.

Itulah cara beriklan di Instagram yang bisa Anda coba. Pilihan untuk beriklan di Instagram cocok untuk pelaku industri kecil. Biaya yang cenderung murah dan bisa disesuaikan dengan bujet membuat Instagram Ads banyak dipilih oleh brand-brand baru untuk meningkatkan brand awareness masyarakat. Selain itu, metode ini jauh lebih efektif daripada iklan konvensional karena iklan Anda lebih berpotensi untuk dilihat orang yang sesuai target pasar Anda.

 

Tinggalkan Balasan