Panduan Lengkap Beriklan di Facebook Ads

Baca juga

Keuntungan menjadi anggota VIP danarupiah

Warnabiru.com – Pengguna aplikasi danarupiah pasti tidak asing lagi dengan istilah anggota VIP danarupiah yang bisa dimukan didasbor aplikasi...

10 Penyedia Pinjaman Online Dan KTA Tanpa Kartu Kredit Dengan Proses Termudah

Warnabiru.com - Pusing dengan rumitnya syarat pengajuan KTA ke bank? Jangan khawatir karena masih banyak pilihan alternatif yang bisa...

Pengenalan Marketplace Dan Toko Online Bagi Pemula

Toko Online adalah media yang memudahkan orang untuk membeli dan menjual barang tanpa harus bertemu atau bertemu muka karena...
MOH YUSUF ROHMAN
Menulis hal yang bermanfaat bagi orang lain. Jika Anda menilai tulisan kami beguna? Bagikan agar lebih Orang lain turut merasakannya.

Facebook Ads adalah bisnis iklan milik Facebook yang dapat dimanfaatkan oleh perusahaan untuk melakukan promosi barang/jasa kepada para penggunanya. Salah satu perusahaan terbesar di dunia ini memiliki sistem yang mampu membaca setiap informasi tentang penggunanya, mulai dari aktivitas online, informasi demografis, hingga kebiasaan yang mereka lakukan selama menggunakan Facebook. Oleh sebab itu, Facebook Ads sebagai media promosi lebih efektif karena peluang iklan akan muncul di beranda pengguna yang menjadi target pasar perusahaan sangat tinggi.

Dengan Facebook Ads, Anda juga bisa mengatur strategi periklanan dengan lebih jelas dan teratur. Anda juga bisa memantau sejauh mana jangkauan halaman promosi dan respons pengguna Facebook terhadap unggahan Anda. Tolak ukur keberhasilan promosi Anda pun menjadi lebih pasti sehingga langkah-langkah strategi pemasaran selanjutnya dapat direncanakan dengan lebih matang. Tertarik untuk beriklan di Facebook Ads? Berikut ini panduan lengkap cara beriklan di FB Ads untuk Anda.

Membuat iklan dengan Facebook Ads

Pertama-tama, masuklah ke akun Facebook Anda. Jika belum memiliki akun Facebook, Anda juga bisa melakukan pendaftaran terlebih dahulu dengan mengisi form yang ada pada halaman muka Facebook.

Setelah berhasil masuk, arahkan kursor ke sebelah kanan, di atas profil Facebook Selanjutnya, klik pilihan “buat” dan pilih iklan yang akan mengarahkan Anda ke halaman Facebook Ads Manager.

Setelah berhasil masuk ke Facebook Ads Manager, akan terlihat berbagai penawaran paket iklan yang dapat Anda pilih sesuai kebutuhan.

Berbagai halaman bisa dipromosikan melalui Facebook Ads, mulai dari yang ada di halaman Facebook Anda, hingga yang ada di luar page Facebook.

Anda hanya perlu menyesuaikannya dengan strategi pemasaran sesuai rencana yang telah disusun sebelumnya.

Mengatur Akun Facebook Ads

Setelah membuat akun Facebook Ads, Anda dapat mulai membuat Ad Account dan mengatur akun tersebut sesuai dengan kebutuhan marketing Anda. Isilah formulir yang tersedia sesuai petunjuk.

Anda akan diminta untuk mengisi data lengkap, seperti nama akun, nama perusahaan, zona waktu, mata uang yang Anda gunakan, hingga cara pembayaran. Setelah itu klik “create Ad Account”.

Setelah berhasil membuat Ad Account, ubahlah “default role” menjadi “admin”, lalu klik nama Anda sendiri dan simpan.

Jika sudah, Anda siap memasuki tahapan selanjutnya, yakni membuat pixel. Anda dapat membuatnya dengan cara memilih Business Manager Settings > Data Sources > Pixel. Jika sudah berhasil membuat pixel, jangan lupa hubungkan dengan akun Facebook Ads Anda.

Mengatur Tagihan Facebook Ads

Terdapat dua macam pembayaran yang bisa Anda pilih, yakni debit dan kredit, Facebook menerima hampir seluruh kartu kredit di Indonesia.

Sementara itu, untuk pembayaran menggunakan kartu debit, Facebook hanya menerima dari bank-bank tertentu, seperti Bank Mandiri, Bank Permata, dan BTPN Jenius.

Sebaiknya Anda memilih metode pembayaran menggunakan kartu debit agar biaya yang Anda keluarkan tidak melebihi bujet.

Untuk mengatur tagihan Facebook Ads, pertama-tama Anda perlu masuk ke Bussiness Setting, kemudian tambahkan payment method.

Isi form sesuai petunjuk, kemudian klik continue. Setelah itu, hubungkan payment method dengan Ad Account melalui business settings > Accounts > Ad Account. Sesuaikan setting payment method Anda kemudian klik continue.

Promosikan Facebook Page Anda dengan Facebook Ads

Buka pengaturan Facebook Ads, kemudian klik tombol “page” dan atur halaman Facebook yang ingin Anda tayangkan melalui Facebook Ads. Setelah itu, klik “promote your page” dan ikuti instruksi yang diberikan Facebook Ads.

Jangan lupa atur jumlah biaya sesuai dengan bujet yang telah Anda rencanakan. Setelah itu, klik tombol “promote” berwarna biru yang terletak di sisi kanan bawah.

Pada bagian ini, Anda bisa mengisi form dengan detail target pasar yang Anda harapkan. Dalam menu “Audience”, Anda dapat mengatur jangkauan iklan, usia, hingga gender audiens yang Anda targetkan.

Sementara itu, pada tab “Budget & Schedule”, Anda dapat mengatur jadwal penayangan iklan hingga periode pemasangan. Pada bagian ini Anda juga akan diperlihatkan biaya iklan yang harus Anda bayar sehingga pembengkakan biaya secara tiba-tiba dapat dihindari.

Itulah panduan lengkap cara beriklan di FB Ads yang perlu Anda ketahui. Beriklan bersama Facebook Ads akan lebih efektif karena kemungkinan iklan Anda akan dilihat oleh konsumen yang sesuai target pasar Anda sangat tinggi.

Selain itu, Facebook Ads juga memungkinkan Anda mengatur jadwal dan bujet yang bisa disesuaikan kapan saja. Dengan demikian, Anda tidak perlu lagi membuang banyak waktu, tenaga, dan biaya.

Sebagai pengusaha di era serba digital, Anda dituntut untuk terus berinovasi dalam mempromosikan barang/jasa perusahaan Anda. Konten berkualitas dengan teknik pemasaran yang baik akan dengan mudah membantu mengangkat citra perusahaan di mata konsumen.

Segera tinggalkan cara lama, dan mulai manfaatkan jasa digital marketing. Selain biayanya lebih murah, potensi iklan akan sampai sesuai target juga lebih tinggi.

Pos Terkait

Pengenalan Marketplace Dan Toko Online Bagi Pemula

Toko Online adalah media yang memudahkan orang untuk membeli dan menjual barang tanpa harus bertemu atau bertemu muka karena semuanya dilakukan secara online atau...

Rahasia Praktisi Agar Toko Langsung Diserbu Pembeli

Tidak adil jika formula menjadi tren hanya bisa dilakukan oleh orang kaya. Yang menarik adalah "Bagaimana cara menggunakan anggaran minimum, hasil maksimal?" Panduan ini...

Rahasia Sukses Meraih Followers Instagram Bukan Lagi Mimpi

Apa keunggulan instagram? Dan bagaimana cara meraih ribuan atau bahkan puluhan ribu pengikut? Baca kiat sukses meraih followers instagram disini!Perkembangan yang ada di dunia...

Apa Pentingnya Marketing Online Untuk Bisnis? Berikut Penjelasannya

Marketing online untuk bisnis menjadi piramida bisnis yang sangat penting bagi keberlangsungan bisnis itu sendiri. Marketing online bisa menjadi salah satu item untuk menunjang...

APA PENDAPAT ANDA

Silahkan masukan komentar
Masukan nama Anda disini

Berita Terbaru

Pemerintah Akan Salurkan Bantuan Karyawan Rp 600.000 Perbulan, Penerima Harus Terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan

Warnabiru.com - Lewat Ketua Pelaksana Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional Erick Tohir, menyatakan pemerintah akan memberi bantuan...

Dituduh Pelakor dan Hampir Ditelanjangi, Seorang Wanita Lapor Polisi

Warnabiru.com - Beberapa waktu lalu viral video seorang oknum anggota DPRD Morowali Utara, Sulawesi Tengah digerebek istri sahnya saat berduaan dengan wanita lain dalam...

Perkembangan Kasus Fetish Jarik, Pelaku Dijerat Pasal Berlapis

Warnabiru.com - Kasus fetish kain jarik kini memasuki babak baru. Sebelumnya pelaku yang berinisial GAN (22) viral setelah korbannya memviralkan di Twitter. Kemudian GAN...

Dosen di Bima Bunuh Kekasih Setelah Lamarannya Ditolak

Warnabiru.com - Arif Satriadin (31) yang bekerja sebagai dosen di Bima, Nusa Tenggara Barat, dengan sadis menikam kekasihnya sendiri bernama Intan (25). Dia merasa...

Penabrak Terduga Klitih Divonis 10 Bulan Penjara  di Yogyakarta

Warnabiru.com - Seorang sopir pickup bernama Nur Irawan (33) terbukti menabrak terduga klitih di Yogyakarta pada tanggal 7 Desember 2018. Klitih adalah gerombolan pemotor...

Pilihan Editor