Panduan Lengkap Beriklan di Facebook Ads

0

Facebook Ads adalah bisnis iklan milik Facebook yang dapat dimanfaatkan oleh perusahaan untuk melakukan promosi barang/jasa kepada para penggunanya. Salah satu perusahaan terbesar di dunia ini memiliki sistem yang mampu membaca setiap informasi tentang penggunanya, mulai dari aktivitas online, informasi demografis, hingga kebiasaan yang mereka lakukan selama menggunakan Facebook. Oleh sebab itu, Facebook Ads sebagai media promosi lebih efektif karena peluang iklan akan muncul di beranda pengguna yang menjadi target pasar perusahaan sangat tinggi.

Dengan Facebook Ads, Anda juga bisa mengatur strategi periklanan dengan lebih jelas dan teratur. Anda juga bisa memantau sejauh mana jangkauan halaman promosi dan respons pengguna Facebook terhadap unggahan Anda. Tolak ukur keberhasilan promosi Anda pun menjadi lebih pasti sehingga langkah-langkah strategi pemasaran selanjutnya dapat direncanakan dengan lebih matang. Tertarik untuk beriklan di Facebook Ads? Berikut ini panduan lengkap cara beriklan di FB Ads untuk Anda.

Membuat iklan dengan Facebook Ads

Pertama-tama, masuklah ke akun Facebook Anda. Jika belum memiliki akun Facebook, Anda juga bisa melakukan pendaftaran terlebih dahulu dengan mengisi form yang ada pada halaman muka Facebook.

Setelah berhasil masuk, arahkan kursor ke sebelah kanan, di atas profil Facebook Selanjutnya, klik pilihan “buat” dan pilih iklan yang akan mengarahkan Anda ke halaman Facebook Ads Manager.

Setelah berhasil masuk ke Facebook Ads Manager, akan terlihat berbagai penawaran paket iklan yang dapat Anda pilih sesuai kebutuhan.

Berbagai halaman bisa dipromosikan melalui Facebook Ads, mulai dari yang ada di halaman Facebook Anda, hingga yang ada di luar page Facebook.

Anda hanya perlu menyesuaikannya dengan strategi pemasaran sesuai rencana yang telah disusun sebelumnya.

Mengatur Akun Facebook Ads

Setelah membuat akun Facebook Ads, Anda dapat mulai membuat Ad Account dan mengatur akun tersebut sesuai dengan kebutuhan marketing Anda. Isilah formulir yang tersedia sesuai petunjuk.

Anda akan diminta untuk mengisi data lengkap, seperti nama akun, nama perusahaan, zona waktu, mata uang yang Anda gunakan, hingga cara pembayaran. Setelah itu klik “create Ad Account”.

Setelah berhasil membuat Ad Account, ubahlah “default role” menjadi “admin”, lalu klik nama Anda sendiri dan simpan.

Jika sudah, Anda siap memasuki tahapan selanjutnya, yakni membuat pixel. Anda dapat membuatnya dengan cara memilih Business Manager Settings > Data Sources > Pixel. Jika sudah berhasil membuat pixel, jangan lupa hubungkan dengan akun Facebook Ads Anda.

Mengatur Tagihan Facebook Ads

Terdapat dua macam pembayaran yang bisa Anda pilih, yakni debit dan kredit, Facebook menerima hampir seluruh kartu kredit di Indonesia.

Sementara itu, untuk pembayaran menggunakan kartu debit, Facebook hanya menerima dari bank-bank tertentu, seperti Bank Mandiri, Bank Permata, dan BTPN Jenius.

Sebaiknya Anda memilih metode pembayaran menggunakan kartu debit agar biaya yang Anda keluarkan tidak melebihi bujet.

Untuk mengatur tagihan Facebook Ads, pertama-tama Anda perlu masuk ke Bussiness Setting, kemudian tambahkan payment method.

Isi form sesuai petunjuk, kemudian klik continue. Setelah itu, hubungkan payment method dengan Ad Account melalui business settings > Accounts > Ad Account. Sesuaikan setting payment method Anda kemudian klik continue.

Promosikan Facebook Page Anda dengan Facebook Ads

Buka pengaturan Facebook Ads, kemudian klik tombol “page” dan atur halaman Facebook yang ingin Anda tayangkan melalui Facebook Ads. Setelah itu, klik “promote your page” dan ikuti instruksi yang diberikan Facebook Ads.

Jangan lupa atur jumlah biaya sesuai dengan bujet yang telah Anda rencanakan. Setelah itu, klik tombol “promote” berwarna biru yang terletak di sisi kanan bawah.

Pada bagian ini, Anda bisa mengisi form dengan detail target pasar yang Anda harapkan. Dalam menu “Audience”, Anda dapat mengatur jangkauan iklan, usia, hingga gender audiens yang Anda targetkan.

Sementara itu, pada tab “Budget & Schedule”, Anda dapat mengatur jadwal penayangan iklan hingga periode pemasangan. Pada bagian ini Anda juga akan diperlihatkan biaya iklan yang harus Anda bayar sehingga pembengkakan biaya secara tiba-tiba dapat dihindari.

Itulah panduan lengkap cara beriklan di FB Ads yang perlu Anda ketahui. Beriklan bersama Facebook Ads akan lebih efektif karena kemungkinan iklan Anda akan dilihat oleh konsumen yang sesuai target pasar Anda sangat tinggi.

Selain itu, Facebook Ads juga memungkinkan Anda mengatur jadwal dan bujet yang bisa disesuaikan kapan saja. Dengan demikian, Anda tidak perlu lagi membuang banyak waktu, tenaga, dan biaya.

Sebagai pengusaha di era serba digital, Anda dituntut untuk terus berinovasi dalam mempromosikan barang/jasa perusahaan Anda. Konten berkualitas dengan teknik pemasaran yang baik akan dengan mudah membantu mengangkat citra perusahaan di mata konsumen.

Segera tinggalkan cara lama, dan mulai manfaatkan jasa digital marketing. Selain biayanya lebih murah, potensi iklan akan sampai sesuai target juga lebih tinggi.

Tinggalkan Balasan