Berlibur Ke Desa Wisata Gamplong Sleman Yogyakarta

0

Seperti yang kita ketahui, Daerah Istimewa Yogyakarta memang terkenal akan banyaknya lokasi wisata yang menawarkan keindahan alam dan juga ragam budaya adat istiadat yang masih lestari hingga saat ini. Salah satu daerah Yogyakarta yang memiliki banyak wisata alam adalah kabupaten Gunung kidul, dimana terdapat beberapa pantai dan Kawasan Tempik Gundul ( Tempat Piknik Gunung Kidul ). Tetapi, tahukah kalian jika di Yogyakarta juga memiliki satu desa yang cukup terkenal baru-baru ini, yakni Desa wisata Gamplong yang terletak di Kabupaten Sleman.

Ya, Desa Wisata Gamplong ini menawarkan cukup banyak wahana wisata yang bisa kalian kunjungi bersama keluarga atau kerabat. Disamping itu, pengelola desa wisata ini juga menetapkan tarif atau biaya tiket masuk yang sangat terjangkau, terlebih didalamnya juga terdapat beberapa fasilitas umum yang akan memudahkan aktivitas pengunjung, mulai dari tempat ibadah, toilet umum, hingga tempat makan yang nyaman.

Kemudian Desa Wisata Gamplong juga menjadi lokasi syuting film Sultan Agung The Untold Love Story pada tahun 2018, film Garapan sutradara kondang, Hanung Bramantyo ini mengambil set suasana desa di abad 17-an, dengan demikian lokasi tersebut juga memperoleh julukan sebagai Mini Hollywood hal tersebut juga yang menjadi daya tarik wisatawan berkunjung ke desa Gamplong.

Selain itu, sebagian besar pengunjung wisata gamplong memang didominasi anak-anak muda, pasalnya seperti yang kita ketahui saat ini dimana mereka selalu mencari objek foto yang apik sebagai latar belakang foto mereka untuk diunggah ke media sosial, seperti Instagram atau twitter. Nah, bagi kalian yang kebetulan sedang berada di Sleman, Yogyakarta dan bingung untuk jalan-jalan kemana, lokasi ini bisa menjadi pilihan tepat dan disana kalian bisa jalan-jalan dengan nuansa Indonesia jaman dulu serta mengambil beberapa foto untuk menambah galeri di media sosial.

Mini Hollywood Sleman, Yogyakarta

Berlibur Ke Desa Wisata Gamplong Sleman Yogyakarta

Selain bisa mengabadikan foto dengan konsep suasana Indonesia abad 17-an, di tempat wisata ini kita juga bisa belajar membuat kerajinan tenun dengan metode ATBM ( Alat Tenun Bukan Mesin ). Disamping itu, desa wisata Gamplong juga merupakan salah satu tempat wisata di Yogyakarta, tepatnya di Kabupaten Sleman yang terkenal akan kerajinan tenun tradisional nya yang sangat apik, salah satu yang produk kerajinan tenun desa Gamplong yang cukup terkenal adalah Stagen, Nah untuk mengetahui lebih lengkap mengenai desa wisata Gamplong, kalian bisa menyimak ulasan dibawah ini yang telah kami rangkum dari beberapa sumber terpercaya.

Harga Tiket Masuk

Hampir setiap tempat wisata pasti memiliki biaya atau tarif masuk yang telah ditentukan, namun lain halnya dengan tempat wisata Gamplong yang terletak di kabupaten Sleman, Yogyakarta pasalnya pihak pengelola tempat ini tidak menentukan besaran tarif masuk, melainkan setiap pengunjung bebas membayar berapapun pada kotak yang tersedia di depan pintu masuk wisata ini.

Jam Operasional

Berdasarkan informasi yang kami peroleh, setiap wisatawan bisa mengunjungi tempat wisata ini mulai dari pukul 08:00 sampai dengan 17:00 WIB. Namun, bagi kalian yang hobi fotografi kami sarankan untuk mengunjungi tempat tersebut pada waktu sore hari, sehingga kalian bisa memanfaatkan sinar matahari sore untuk memaksimalkan kualitas foto, desa wisata gamplong menyediakan banyak objek foto yang apik dan bisa kalian gunakan sebagai latar belakang pengambilan foto.

Lokasi dan Rute Perjalanan

Berlibur Ke Desa Wisata Gamplong Sleman Yogyakarta

Sebelum mengunjungi desa wisata Gamplong, tentu saja kalian harus mengetahui dimana lokasi tempat tersebut bukan ? ya, tempat wisata ini beralamat di Pedukuhan Gamplong, Desa Sumber Rahayu, Kecamatan Moyudan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Kemudian, bagi kalian yang berminat mengunjungi tempat ini, jarak tempuh wisata Gamplong ini kurang lebih 18 km dari pusat kota Yogyakarta, disamping itu akses jalan menuju tempat wisata ini juga sudah beraspal, sehingga mudah dilalui kendaraan roda dua maupun roda empat.

Di tempat wisata Gamplong kita juga bisa memperoleh informasi dan ilmu pengetahuan mengenai dunia perfilman, mulai dari proses pembuatan, hingga soal set lokasi dan masih banyak lagi, bagi kalian yang mungkin berprofesi di bidang serupa tentu saja informasi tersebut akan sangat bermanfaat. Selain itu, beragam spot-spot foto keren ala abad 17-an juga bisa kalian gunakan sebagai objek foto untuk memenuhi galeri sosial media, seperti Instagram, Facebook, dan lain-lain. Baiklah, mungkin cukup sampai disini informasi yang bisa kami sajikan, semoga bermanfaat bagi kalian semua. Terimakasih.

 

 

Tinggalkan Balasan