Beberapa Sekolah Sudah Memulai Tahun Ajaran Baru

Baca juga

Keuntungan menjadi anggota VIP danarupiah

Warnabiru.com – Pengguna aplikasi danarupiah pasti tidak asing lagi dengan istilah anggota VIP danarupiah yang bisa dimukan didasbor aplikasi...

10 Penyedia Pinjaman Online Dan KTA Tanpa Kartu Kredit Dengan Proses Termudah

Warnabiru.com - Pusing dengan rumitnya syarat pengajuan KTA ke bank? Jangan khawatir karena masih banyak pilihan alternatif yang bisa...

Pengenalan Marketplace Dan Toko Online Bagi Pemula

Toko Online adalah media yang memudahkan orang untuk membeli dan menjual barang tanpa harus bertemu atau bertemu muka karena...

Warnabiru.com – Setelah berbulan-bulan belajar dari rumah, siswa di beberapa daerah Indonesia kembali ke sekolah pada hari Senin sesuai dengan apa yang disebut protokol “new normal”.

Sementara itu, sejumlah daerah lain terus berhati-hati dan melanjutkan dengan kebijakan pembelajaran online mereka karena krisis kesehatan COVID-19 tidak menunjukkan tanda-tanda mereda dalam waktu dekat.

Di Nusa Tenggara Timur, siswa kembali ke ruang kelas mereka ketika SMP dan SMA  di 13 kabupaten dan kota di seluruh provinsi – termasuk ibukota provinsi Kupang, kabupaten Manggarai Timur, kabupaten Rote Ndao, kabupaten Flores Timur, dan kabupaten Sumba Tengah – diizinkan untuk melanjutkan kegiatan pendidikan normal mereka minggu ini, meskipun dengan penekanan jarak fisik dan kebersihan pribadi.

Meskipun sekolah semangat dibuka kembali di seluruh provinsi, beberapa orang tua telah menyampaikan kecemasan kolektif mereka tentang kesejahteraan anak-anak mereka.

Habel Manafe, yang anaknya bersekolah di SMA Negeri 3 di Kupang, meminta sekolah untuk menerapkan protokol kesehatan yang ketat untuk memastikan keselamatan siswa, guru dan anggota staf lainnya.

BACA JUGA: Masalah Regulasi Batasi Indonesia dalam Rantai Farmasi Global

“Bagi kami, tak perlu dikatakan lagi bahwa begitu sekolah dibuka kembali, mereka harus menegakkan protokol kesehatan. Ini termasuk menerapkan langkah-langkah jarak fisik, misalnya, dengan membuat jarak antara kursi di ruang kelas,” kata Habel kepada pers pada hari Senin, menambahkan bahwa siswa juga harus diminta untuk menggunakan masker wajah.

Selain itu, siswa juga harus diberikan pelajaran praktis tentang protokol kesehatan sehingga mereka dapat mengembangkan kebiasaan baru untuk meminimalkan risiko infeksi, kata Habel.

“Orang tua tidak seharusnya hanya memberitahu anak-anak mereka untuk mencuci tangan, tetapi mereka juga harus menunjukkan bagaimana melakukannya dengan benar,” tambah Habel.

Demikian pula, siswa SMP dan SMA di kota Jambi, juga diizinkan kembali ke ruang kelas mereka pada hari Senin.

Walikota Jambi Syarif Fasha mengatakan keputusan untuk membuka kembali sekolah di kota itu sebagian karena ratusan siswa di wilayah tersebut tidak memiliki akses ke teknologi pembelajaran online.

Dia mencatat bahwa pembukaan kembali disambut dengan antusiasme di kalangan siswa, sebagaimana dibuktikan oleh tingkat kehadiran 50 persen pada hari Senin. Dia berharap tingkat kehadiran mencapai 100 persen pada akhir bulan.

“Untuk saat ini, belajar di sekolah tidak wajib. Jika seorang siswa memiliki masalah pernapasan, misalnya, mereka akan diizinkan untuk belajar dari jarak jauh,” kata Syarif.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim mengizinkan 104 kabupaten dan kota yang dianggap sebagai “zona hijau” di seluruh negeri untuk membuka kembali sekolah menengah pertama dan atas pada 13 Juli, yang juga menandai dimulainya tahun ajaran baru.

Namun, siswa sekolah dasar masih diharuskan belajar dari rumah sampai pemberitahuan lebih lanjut.

Di tengah pembukaan kembali hari Senin, beberapa daerah lain tetap berhati-hati, dengan siswa diminta untuk terus belajar dari rumah karena masalah kesehatan dan keselamatan.

Pemerintah Kepulauan Riau, misalnya, telah melarang sekolah dibuka kembali karena ancaman COVID-19 belum mereda di wilayah tersebut.

“Berdasarkan inspeksi lapangan kami, sekolah – khususnya sekolah menengah atas dan sekolah kejuruan – belum dibuka kembali. Kami akan menjatuhkan sanksi jika mereka benar-benar dibuka kembali,” kata kepala divisi pembentukan karakter Dinas Pendidikan Kepulauan Riau Adimaja, seraya menambahkan bahwa sebagian besar kegiatan pembelajaran dilakukan secara online.

BACA JUGA: 2024, BP Tapera Akan Kelola Rp60 T Fokuskan Lembaga Pemerintah

Dia melanjutkan dengan mengatakan bahwa beberapa sekolah kejuruan di Batam telah diizinkan untuk memungkinkan siswa untuk melanjutkan kegiatan di luar ruangan, sambil tetap mematuhi protokol kesehatan yang ketat.

Akmal, yang menjabat sebagai kepala sekolah di SMA Kartini di Batam, mengatakan sekolah dapat dibuka kembali untuk pembelajaran langsung begitu daerah itu dinyatakan sebagai “zona hijau”.

“Pembukaan kembali juga tergantung pada persetujuan orang tua,” kata Akmal.

Namun, di Medan, Sumatera Utara, siswa berbondong-bondong ke sekolah meskipun ada pembatasan dari pemerintah daerah. Berdasarkan pengamatan, banyak siswa tidak mengenakan masker.

Berita Terkait

APA PENDAPAT ANDA

Silahkan masukan komentar
Masukan nama Anda disini

Berita Terbaru

Terkait Pelaporannya Hadi Pranoto Siap Gugat Balik Muannas Alaidi Sebesar 10 Miliar Dollar AS

Warnabiru.com - Ketua Umum Cyber Indonesia, Muannas Alaidi melaporkan Anji dan Hadi Pranoto atas dugaan penyebaran berita bohong pasca...

Soal Penangkapan Pelaku Fetish Kain Jarik

Warnabiru.com - Pelaku fetish kain jarik secara resmi ditangkap pihak kepolisian. GAN ditangkap di rumahnya yang terletak di Kelurahan Selat Dalam, Kecamatan Selat, Kabupaten...

Pelaku Perusakan Mobil BNN Saat Penangkapan Bandar Narkoba Ditetapkan Sebagai Tersangka

Warnabiru.com - Polresta Deliserdang secara resmi menetapkan tersangka perusakan mobil BNN Kabupaten Deliserdang yang berusaha menangkap bandar narkoba di Dusun III Rugemuk, Kecamatan Pantai...

Pemerintah Akan Salurkan Bantuan Karyawan Rp 600.000 Perbulan, Penerima Harus Terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan

Warnabiru.com - Lewat Ketua Pelaksana Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional Erick Tohir, menyatakan pemerintah akan memberi bantuan karyawan swasta yang bergaji dibawah...

Dituduh Pelakor dan Hampir Ditelanjangi, Seorang Wanita Lapor Polisi

Warnabiru.com - Beberapa waktu lalu viral video seorang oknum anggota DPRD Morowali Utara, Sulawesi Tengah digerebek istri sahnya saat berduaan dengan wanita lain dalam...

Berita Pilihan

Metha Penjual Rumah yang Siap Dinikahi Pembelinya Bila Jodoh

Metha Kanzul (30) tengah viral karena dia menjual rumahnya yang berada di daerah Mesu, Bangka Tengah, Kepulauan Bangka Belitung. Sekaligus siap dinikahi pembelinya. Wanita...

Video Anji dan Hadi Pranoto Tentang Covid-19 yang Menghebohkan

Warnabiru.com - Channel Youtube Dunia Manji tengah menjadi perbincangan. Pasalnya chanel Youtube milik Anji seorang musisi ini menampilkan obrolan Anji dengan Hadi Pranoto seorang yang...

Pelaku Order Fiktif Paket Parabola dan Pisang Satu Truk di Kendal Ditangkap

Warnabiru.com - Polisi berhasil menangkap pelaku order fiktif kepada korban yang bernama Titik (20). Perempuan asal Desa Jungsemi, Kecamatan Kangkung, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, itu...

Setelah 12 Tahun Akhirnya Kedok TNI Gadungan Terbongkar di Medan

Warnabiru.com - Aksi TNI gadungan berinisial M (50) asal Kelurahan Kwala Bekala, Kecamatan Medan Johor, Kota Medan, Sumatera Utara, akhirnya terhenti. Setelah seorang petugas Babinsa...