Apa Yang Dimaksud Bisnis Affiliasi Dan Bagaimana Cara Menjalankannya

0

Kini sudah menjadi trend bagi anak muda untuk memulai karir mereka dalam membangun bisnis online. Berbagai macam konsep bisnis telah lahir dan sukses dijalankan banyak orang, termasuk Bisnis Affiliasi.

Banyak orang awam yang sering mendengar dan membahas tentang affiliasi progam, namun tidak sedikit dari mereka yang masih tidak paham bagaimana maksudnya.

Apa yang dimaksud bisnis affiliasi?

Bisnis Affiliasi adalah istilah yang sering digunakan untuk menamai aktifitas pemasaran sebuah produk, dimana pihak pemasar akan mendapat reward jika produk tersebut laku. Jika anda masih kurang jelas dengan istilah diatas maka sebut saja Makelar.

Bisnis affiliasi sama halnya dengan istilah makelar yang sering kita kenali. Yaitu membantu orang lain untuk menjual sebuah produk atau jasa. Jika produk tersebut laku kita akan menerima bayaran.

Perbedaannya terletak pada masalah system. Jika istilah makelar yang sering kita dengar adalah affiliasi memasarkan produk dengan cara serabutan, konsep metode pemasaran bisnis Affiliasi modern terlihat lebih profeisonal dan tertata rapi.

Sebesar apa Peluang Bisnis Affiliasi Online

Seiring perkembangan teknologi ada banyak perusahaan yang menyediakan progam affiliasi di indonesia, sehingga menyediakan ruang bagi banyak kalangan terutama pebisnis online yang cerdas untuk memanfaat peluang tersebut.

Pada tahun 2019 pengguna internet di indonesia menembus angka 175 Juta. Sedangkan jumlah penduduk indonesia adalah sebesar 265 juta. Artinya lebih dari separuh penduduk indonesia adalah pengguna internet.

sumber: id.berita1.com

Data tersebut mengisaratkan kepada kita tentang besarnya pangsa pasar yang dapat dimanfaatkan oleh seorang affiliate marketer untuk menjalankan progam Affiliasi.

Bagaimana cara menjalankan bisnis affiliasi? Sebelum kita bahas tentang cara menjalankan bisnis affiliasi kenali dulu jenis-jenisnya.

Jenis Progam Affiliasi Online yang umum digunakan saat ini.

Ada banyak progam affiliasi moderen yang sering digunakan saat ini. Berikut penjelasannya.

1. Melalui Link

Ini adalah metode paling populer dan sangat efektif digunakan saat ini. Cara kerjanya adalah anda akan mendapatkan sebuah link refferal khusus dari pihak penyedia affiliasi.

Jika ada orang yang mendaftar dan membeli produk melalui link anda, Maka secara otomatis anda akan bayaran dari pihak perusahaan.

Metode ini sangat bagus dipasarkan melaui Blog dengan cara memasang barner ataupun membagikan link langsung.

Untuk melihat berapa banyak orang yang mendaftar dalam refrensi anda, Anda dapat membuka dasbor penghasilan pada website resmi dari aplikasi tersebut.

2. Melalui Kode Refferal

Metode ini lebih rumit dibanding progam affiliasi menggukan link refferal khusus. Sebab pendaftar baru biasanya akan diminta memasukan kode refferal.

3. Melalui ID sponsor

Progam affiliasi jenis ini sedikit tertinggal namun masih banyak digunakan oleh beberapa perusahaan seperti ansuransi. Cara ini lebih efektif dilakukan secara offline.


Cara Mengikuti Progam Affiliasi

1. Mendaftar Pada Perusahan yang mempunyai progam Affiliasi

Dengan bantuan mesin pencari, kita bisa menemukan berbagai informasi mengenai perusahaan yang menawarkan progam afiliasi. Selanjutnya kita tinggal membandingkan mana progam yang paling sesuai dengan pemasaran yang ditarget.

Untuk bisa mengikuti progam affiliasi, kita diharuskan mendaftar menggunakan data diri yang asli serta memasukan nomor dan email yang bisa dihubungi.

Setelah anda berhasil mendaftar, carilah halaman yang berisi dasbor Affiliasi pada situs web tersebut.

Pelajari cara pemasaran dan aturan main yang telah ditetapkan oleh pihak perusahaan yang sedang anda ikuti. Serta pahami dengan baik apa saja yang tidak boleh dilakukan seorang affiliator agar nantinya tidak menemui masalah dikemudian hari.

3. Menjaring Pengguna Untuk Mendapatkan Penghasilan

Setelah memahami dengan baik Rule pada progam affiliasi yang anda ikuti, kini anda telah siap untuk memasarkan produk tersebut.

Ada banyak cara yang dapat anda lakukan untuk memasarkan produk affiliasi yang sedang anda ikuti. Beberapa langkah pemasaran yang paling populer kami rangkum dibawah ini.

Langkah Promosi Bisnis Affiliasi

1. Melalui Blog

Blog adalah media yang sangat strategis untuk memasarkan produk affiliasi. Penerapannya dapat dilakukan dengan membuat tulisan berisi review produk dan memasang link affiliasi pada tulisan maupun gambar barner.

Cara ini terbukti efektif untuk menjaring pengguna internet dari mesin pencari. Sekaligus sangat bagus untuk meningkatkan pundi-pundi penghasilan jika disandingkan blog yang dimonetisasi dengan iklan PPC.

2. Melalui Media Sosial

Media sosial adalah tempat berkumpulnya orang dari berbagai macam kalangan sehingga sangat potensial untuk memasarkan produk affiliasi. Anda bisa membuat akun di facebook, Twitter, Instagram dan lain-lain untuk membagikan link affiliasi.

Bagikan link affiliasi anda pada postingan anda di facebook dengan mereview produk tersebut. Anda juga dapat membagikannya pada group yang relevan dengan produk yang sedang anda pasarkan.

Hindari memasarkan produk dengan cara yang berpotensi mengganggu orang lain agar akun anda tidak dilaporkan sebagai tindakan spam dan di suspend.

Apa saja tindakan spam yang berakibat fatal?

  • Mengirim postingan berisi link affiliasi ke dinding Facebook orang lain. Jangan sekali-kali mengirim postingan kedinding Facebook orang lain apalagi orang tidak dikenal. Jika pemilik merasa terganggu akun anda pasti dilaporkan sebagai tindakan spam ke pihak facebook.
  • Mengirim Link Affiliasi ke grup yang tidak relevan. Misalnya anda membuat postingan berisi link affiliasi produk teknologi ke grup facebook yang berisi komunitas jual beli hewan.
  • Menandai orang lain atau orang tak dikenal ke dalam postingan yang berisi link affiliasi. Cara ini tentu sangat mengganggu orang lain sehingga berpotensi dilaporkan.

3. Melalui Forum

Anda juga dapat memasarkan progam afiiliasi melalui forum seperti Kaskus. Buatlah tread berisi review yang menarik dan sesuai dengan produk yang ingin anda pasarkan.

Jangan pernah mengirim postingan berisi link affiliasi kedalam komentar pada tread orang lain karena akibatnya bisa berbahaya.

Jika pemilik tread merasa terganggu oleh postingan tersebut, Anda akan dilaporkan ke admin forum sehingga akun anda akan diperingatkan atau bahkan di blokir.

4. Mengajak Pengguna Secara Pribadi

Apa mungkin anda bisa memasarkan produk affiliasi secara pribadi? jawabannya sangat mungkin.

Anda tentu memiliki banyak saudara dan teman. Anda bisa memberitahu mereka tentang produk yang anda pasarkan serta mengajaknya untuk membeli produk tersebut melalui link refferal anda.

Kesimpulan

Bisnis affiliasi adalah konsep pemasaran yang sangat menarik untuk dipelajari, yang mana ada banyak cara untuk menjalankan bisnis ini seperti yang telah kami tulis diatas. Peluang pasar yang begitu luas tentu menjadi alasan tersendiri bagi seorang affiliator marketing untuk mengembangkan konsep terbaru dalam pemasaran produk affiliasi.

Profesi ini dapat dijadikan sebagai sumber penghasilan tambahan bagi anda yang ingin menjalankannya diselah-selah waktu. Dan apabila dilakukan dalam jangka panjang, tentu bisa memberikan income pasif dalam jumlah yang cukup besar.

Agar penghasilan dari bisnis affikiasi lenih besar, Janganlah bosan untuk mencoba cara baru dengan kreatifitas yang kita miliki. Dengan begitu kita akan tahu cara mana yang bekerja dengan baik bagi kita.