Apakah Wanita Bisa Jadi Pengusaha? Womenpreneur Bisa Tajir Dengan Cara Ini

0

Apakah wanita bisa jadi pengusaha? Seperti apa usaha yang cocok dijalankan oleh kaum hawa? Womenpreneur bisa tajir dengan langkah berikut ini.

Emansipasi wanita memang terus terjadi di mana wanita ingin disamakan dengan pria. Bekerja untuk wanita saat ini adalah hal biasa, bahkan wanita sering digunakan sebagai tulang punggung keluarga karena karir wanita meningkat lebih cepat daripada pria. Namun pada akhirnya wanita juga disalahkan jika mereka menjadi wanita karier. Karena dianggap tidak bisa merawat anak, banyak waktu terbuang untuk pekerjaan, pekerjaan rumah tidak dilakukan, dan sebagainya. Maka tidak mengherankan jika akhirnya banyak pasangan yang bercerai ketika istri mereka juga sibuk bekerja. Wanita memang berkomitmen untuk menjadi ibu rumah tangga yang merawat anak-anak dan suaminya dengan baik. Lalu apakah itu berarti kita tidak bisa mencoba mendapatkan penghasilan tambahan untuk diri kita sendiri atau keluarga? Tentu saja tidak, Anda masih bisa menjadi ibu rumah tangga sekaligus jadi pengusaha atau sering disebut WOMENPRENEUR.

Wanita bisa jadi pengusaha dengan 20 ide bisnis ini

1. PENULIS LEPAS

Dengan menjadi penulis lepas, Anda dapat bekerja kapan saja dan di mana saja. Saat melakukan pekerjaan rumah tangga seperti mencuci dan menjaga agar anak Anda tetap bisa menulis. Anda dapat memilih tempat apa pun yang Anda suka di rumah atau di luar rumah yang Anda inginkan. Jika Anda bosan bekerja di rumah, Anda bisa melakukannya di kafe atau di rumah kerabat Anda. Menyenangkan bukan? Tetapi ada sesuatu yang perlu diperhatikan jika menjadi non-penulis yang terikat waktu tidak berarti Anda dapat menulis pada waktu yang Anda inginkan. Atau jika Anda sedang tidak ingin menulis, maka Anda tidak menulis. Tetapi menulis secara rutin, jika Anda tidak punya waktu untuk menulis hari ini, maka Anda harus menghukum diri Anda sendiri sehingga besok Anda menulis dua kali lipat. Biasanya gaji penulis blog Indonesia saat ini berkisar dari Rp. 3.000 hingga Rp. 6.000 per 100 kata. Bayangkan jika Anda mampu menulis 20 artikel per hari dengan 1000 kata dalam sebulan. Maka pendapat Anda Rp. 3000 x 1000 x 20 = Rp. 600.000. Bayangkan jika Anda bisa mendapatkan lima pesanan dalam sebulan berarti Anda mungkin mendapat gaji Rp. 3.000.000 tanpa harus mengeluarkan uang untuk transportasi. Menggoda bukan?

2. CATERING

Bagi Anda yang hobi memasak, sepertinya bisnis kulit ini cocok untuk Anda. Bisnis ini biasanya musiman, jika ada pesanan, biasanya Anda hanya bekerja. Misalnya ada pesanan memasak untuk arisan, pengajian atau pernikahan. Banyak pebisnis juga mencari katering sekarang karena tingkat aktivitas masyarakat sehingga mereka tidak punya waktu untuk memasak. Jadi katering tidak hanya ketika ada acara besar, karena setiap hari pasti ada pembelian.

3. LAUNDRY

Tampaknya bisnis laundry telah menjadi peluang bisnis bagi para ibu. Jika Anda tidak tahu cara memulainya, Anda bisa mulai dengan membeli mesin cuci yang memiliki beban minimum 20 kilogram, yang sepertinya tidak terlalu mahal. Biasanya harganya sekitar dua juta rupiah.

4. KERAJINAN TANGAN

Bagi Anda yang memiliki hobi menjahit, Anda bisa mencoba bisnis kerajinan tangan. Banyak barang yang bisa kamu hasilkan dengan kerajinan tangan, seperti sepatu rajutan, tas hingga jaket rajutan, sandal imut dan lainnya. Atau buat keset, sarung bantal hingga selimut dari kain perca atau sisa kain.

5. FLORIST

Bagi Anda yang memiliki hobi berkebun, Anda bisa mencoba bisnis florist. Karena bisnis merangkai bunga ini sangat dibutuhkan untuk momen kelahiran, kematian, kelulusan, pernikahan, pelantikan dan lain-lain.

6. JUAL KOSMETIK

Wanita identik dengan tata rias dan tentunya butuh modal untuk membeli kosmetik kan? Ketika menjadi rumah tangga yang tidak memiliki penghasilan tampaknya agak sulit untuk membeli kosmetik. Kalau begitu, mengapa tidak berbisnis kosmetik saja. Selain bisa menghasilkan uang, Anda juga bisa berdandan.

7. LAYANAN PENITIPAN ANAK-ANAK

bisnis jasa penitipan anak tampaknya cocok untuk Anda yang juga sibuk mengurus anak-anak. Anda dapat membuka bisnis ini, selain Anda bisa mendapatkan uang, anak-anak yang dipercayakan kepada Anda juga dapat berteman dengan anak Anda.

8. GURU PRIBADI

Menjadi guru les tampaknya cocok untuk ibu rumah tangga. Anda tidak perlu bekerja terlalu lama 2-3 jam sehari dengan waktu yang disesuaikan dengan jadwal Anda dan siswa Anda. Biasanya tarif pribadi per hari bisa menjadi Rp50.000-Rp150.000 / jam. Tergantung pada jenis pelajarannya, biasanya bahasa Inggris atau Matematika adalah pelajaran yang paling mahal.

9. BISNIS HIJAB

Saat ini tren jilbab, tidak ada yang salah dengan bisnis ini. Tampaknya bermanfaat. Anda bisa membuat atau hanya menjual jilbab. Dari kerudung, jubah hingga aksesoris jilbab. Sepertinya bisnis ini tidak akan menghambat pekerjaan rumah tangga Anda. Karena kamu bisa bekerja kapan saja

10 BISNIS ONLINE

Bagi ibu yang memiliki anak kecil dan merasa sulit untuk meninggalkan rumah tidak berarti mereka tidak dapat melakukan bisnis. Anda masih dapat melakukan bisnis online dengan mengandalkan internet. Mampu menjual produk secara online melalui toko online seperti OLX, Tokopedia, Lazada, Open Stalls dan lainnya. Atau Anda dapat mulai menggunakan media sosial pribadi. Sepertinya Anda tidak perlu banyak modal.

11. MENJUAL PULSA

Saat ini pulsa dapat dianggap sebagai staples. Sehingga bisnis ini harus laku. Ibukotanya juga tidak perlu banyak saldo kredit minimal 200 ribu dan ponsel Anda bisa memulai bisnis jual beli kredit. Namun, berhati-hatilah bisnis ini rentan terhadap kerugian karena sering berhutang pada pembeli.

12. MENJUAL MAKANAN UNTUK SARAPAN

Karena kesibukan para pekerja terkadang mereka tidak punya waktu untuk sarapan. Tidak ada yang salah dengan ibu rumah tangga yang menjual makanan untuk sarapan. Misalnya nasi uduk, lontong, roti atau bubur ayam. Anda cukup meluangkan waktu untuk membuatnya di malam hari dan menjualnya di pagi hari. Anda juga dapat menjualnya di beranda Anda.

13. MENJUAL FOTO DI INTERNET

Fotografi saat ini sudah tidak mahal lagi. Cukup dengan ponsel Anda bisa mendapatkan foto berkualitas tinggi. Jika ada foto yang menurut Anda bagus dan memiliki nilai sejarah atau berita yang baik, Anda dapat menjualnya ke beberapa situs penjualan foto seperti Shutterstock, Fotolia, Fotokita.net dll.

14. BUAT BLOG

Selain menjadi penulis di blog, bagi Anda yang memiliki kemampuan untuk membuat blog atau situs web Anda dapat menawarkan layanan blogging. Karena blogger saat ini sedang booming. Sepertinya bisnis membuat blog mau laku.

15. LAYANAN PENERJEMAH

Tidak banyak orang dapat berbicara bahasa asing, terutama bahasa Inggris. Untuk ibu rumah tangga yang memiliki keterampilan bahasa asing, dapat menjual layanan terjemahan dari bahasa asing ke bahasa Indonesia. Biasanya tarif yang dibayarkan oleh penerjemah online dalam dolar berkisar dari US $ 0,05 – hingga 0,01. Dan biasanya penerjemah mampu menerjemahkan 4-5 halaman per hari atau sekitar 2.000 hingga 2.500 kata

16. LAYANAN PENGETIKAN

Meskipun saat ini komputer atau laptop relatif murah, itu tidak membuat bisnis layanan pengetikan surut. Karena tidak semua orang dapat dengan cepat mengetik pekerjaan mereka. Terutama bagi mereka yang kuliah dan bekerja tentu membutuhkan layanan mengetik untuk mengetik tugas mereka. Biasanya per lembar harganya mencapai Rp. 3000. Jika dalam satu hari Anda bisa mendapatkan 100 lembar ketikan. Maka Anda mungkin bisa mendapatkan Rp. 3000 X 50 lembar = Rp. 150.000. Bayangkan jika dalam sebulan maka Anda bisa menghasilkan uang Rp. 150.000 x 30 = Rp. 4.500.000

17. JUAL GORENGAN

Menjual makanan yang digoreng mungkin terlihat murah tetapi siapa sangka jika bisnis ini memiliki omset besar. Tampaknya sangat cocok bagi ibu rumah tangga untuk mendapatkan penghasilan. Karena bisnis gorengan tidak membutuhkan modal besar dan dipastikan akan laku. Karena makanan yang digoreng adalah makanan yang tidak mengenal kasta, ingin kaya miskin, tua dan muda pasti menyukainya

18. FOTOGRAFI PERNIKAHAN

Bagi Anda yang memiliki keahlian fotografi sayang jika tidak dimanfaatkan. Anda dapat menjual layanan Anda sebagai fotografer pernikahan, yang biasanya mahal untuk satu acara. Biasanya bisa mencapai Rp2 juta hingga Rp5 juta per event. Untung bukan? Dan Anda tidak perlu bekerja setiap hari, karena biasanya pernikahan hanya pada akhir minggu. Semua yang diundang semuanya mencari uang. Menarik bukan?

19. BISNIS MAKANAN RINGAN

Salah satu bisnis rumahan yang tidak membutuhkan modal adalah bisnis makanan ringan. Anda bisa membuat keripik, kacang-kacangan, tusuk gigi atau makanan yang terbuat dari ACI. Untuk penjualan Anda bisa meninggalkannya di kantin sekolah, kios atau rumah tangga. Untuk menjual dengan cepat, jangan menjual terlalu banyak, hanya seribu rupiah per bungkus tampaknya masih menguntungkan

20. KEBUTUHAN POKOK

Bisnis ini sangat cocok untuk ibu rumah tangga, tidak perlu repot meninggalkan rumah cukup untuk membuka warung di rumah Anda bisa mendapatkan penghasilan. Barang yang dijual juga bervariasi mulai dari bahan makanan pokok, alat tulis, hingga makanan ringan. Dan Anda juga tidak perlu keluar setiap hari, hanya seminggu sekali atau ketika persediaan di warung Anda habis.

TIPS MENCARI MODAL BISNIS UNTUK MOMPRENEUR

Sekarang banyak wanita mulai menargetkan bisnis berbasis homely, seperti yang kita tahu wanita telah mendominasi banyak jenis bisnis ini. Sekarang berbicara tentang bisnis tidak lepas dari berbicara tentang modal. Modal tentu tidak langsung jatuh dari langit pasti ada kerja keras untuk menemukannya. Namun yang namanya modal tentu tidak akan diperoleh jika di dalam diri kita tidak ada tekad. Untuk alasan ini, sebelum memulai bisnis, pebisnis, baik pria maupun wanita, harus didahului dengan tekad yang kuat, maka baru mereka siap mencari modal. Cara mendapatkan modal ventura tidak sulit. Berikut adalah cara mendapatkan modal untuk ibu yang ingin memulai bisnis berbasis rumah.

MODAL DARI SUAMI

Perlu ada diskusi terlebih dahulu oleh suami, beri tahu saya jika ibu benar-benar ingin memulai bisnis di rumah. Kebanyakan suami sangat senang jika istri mereka ingin membantu meningkatkan keuangan keluarga. Sehingga suami lebih bersemangat mencari penghasilan tambahan untuk mendukung keinginan bisnis Anda. Tetapi jika penghasilan suami Anda terbatas, cara menghadapinya adalah bahwa setiap uang bulanan yang diberikan oleh suami Anda dapat menyisihkan 20-30%.

TABUNGAN PRIBADI

Cara lain untuk mendapatkan modal kreatif adalah dengan menggunakan tabungan ibumu. Jika Anda tidak ingin menambah beban suami Anda, Anda dapat mematahkan tabungan yang sebelumnya telah dikumpulkan oleh ibu akan modal usaha. Tapi tidak ada penghasilan bagaimana cara menyimpan uang? Ibu dapat memulai usaha kecil seperti membuat kue, menerima layanan cuci dan menyeterika pakaian atau usaha kecil lainnya. Hasil yang didapat dapat Anda hemat untuk modal usaha.

PINJAMAN MODAL ATAU INVITORY UNTUK KERJASAMA

Meminjam dengan saudara dekat adalah cara teraman untuk mendapatkan modal ventura karena tidak ada minat untuk mengembalikan pinjaman. Tetapi ibu juga harus terus membayar hutang sesuai dengan perjanjian yang telah disepakati sebelumnya. Bahkan jika Anda perlu membuat kontrak pinjaman sehingga orang yang dipinjam yakin Anda akan mengembalikannya tepat waktu. Jika Anda tidak nyaman meminjam uang dari kerabat atau teman, Anda dapat mengundang mereka untuk bekerja sama membangun bisnis. Buat proposal bisnis untuk membuatnya lebih meyakinkan.

MENJUAL ASET

Metode ini memang dapat dianggap berisiko jika bisnis yang dikelola oleh ibu tidak berkembang. Tapi tidak ada salahnya mencoba. Yang dimaksud dengan menjual aset bukan hanya rumah dan tanah, tetapi para ibu dapat menjual barang-barang yang masih layak untuk digunakan atau barang berharga lainnya, seperti perangkat elektronik atau emas

GADAI ASET

Selain menjual, Anda juga dapat menjaminkan aset, langkah ini lebih aman karena ada periode pembayaran kembali pinjaman sehingga aset dapat dikembalikan jika ibu dapat membayarnya sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan. Ibu mendapat modal, aset bisa dikembalikan. Namun apa yang perlu diperhatikan sebelum menggadaikan aset Anda, pastikan perusahaan hipotek yang ingin Anda ajukan pinjaman terakreditasi. Dalam artian tidak ada pion yang mengeluh tentang sistem yang disediakan oleh perusahaan. Jadi, Anda harus jeli jadi pilihlah! Jangan tergoda dengan pembayaran panjang dan bunga kecil.

PINJAMAN BANK

Untuk pinjaman bank ada beberapa jenis kredit yang bisa Anda pilih, seperti KUR dan KTA. KUR atau juga disebut kredit bisnis rakyat adalah layanan dari beberapa bank swasta dan milik negara yang bekerja sama dengan pemerintah untuk memberikan kredit kepada usaha kecil dan menengah, mikro dan koperasi. Persyaratan untuk mendapatkan ibu KUR harus memiliki usaha kecil menengah terlebih dahulu. Bagaimana bank yang bersangkutan mengetahui bahwa kami sudah memiliki bisnis? Bank akan melakukan survei langsung ke tempat perdagangan atau kios terkait, selain itu sang ibu juga harus menyertakan izin untuk membuka usaha. Setelah dirasakan bahwa bisnis ibu memenuhi persyaratan, maka kredit dapat dicairkan. Solusi pinjaman bank kedua adalah KTA atau apa yang disebut pinjaman tanpa agunan. Merupakan kredit pribadi tanpa bangunan (jaminan) dari bank untuk debitur yang memenuhi persyaratan. Prosesnya lebih mudah daripada kredit bisnis orang, tetapi kelemahannya termasuk bunga yang lebih besar. Untuk kondisi yang perlu dipenuhi, penerima adalah warga negara, dengan usia minimum 21 tahun dan maksimal 55 tahun, memiliki penghasilan bulanan minimal Rp 2,5 juta.

IKUT TENDER BISNIS

Acara rencana bisnis juga merupakan solusi yang sangat mudah selama sang ibu memiliki ide bisnis yang cukup menarik, prospektif, dan dapat memengaruhi lingkungan sekitar. Dengan acara ini kompetisi ide bisnis wirausaha menjadi tempat bagi pebisnis yang ingin mewujudkan ide bisnis yang mereka idam-idamkan tetapi dihantam oleh modal. Nah, bagi para ibu yang ingin tidak membayar sepeser pun untuk memulai bisnis sekarang para ibu harus rajin memperbarui informasi tentang acara yang satu ini, ya.

 

APA PENDAPAT ANDA

Silahkan masukan komentar
Masukan nama Anda disini