Aneka Ragam Tempat Wisata di Padang, Sumatera Barat

0

Kota Padang sangat terkenal akan makanan khas bernama Rendang, ya makanan ini menjadi makanan favorit sebagian besar masyarakat di Indonesia, terbukti hampir di seluruh pelosok negeri kita bisa dengan mudah menemukan rumah makan Padang yang menjajakan beragam menu khas daerah tersebut, khususnya Rendang. Terlepas dari semua itu, Kota Padang juga mempunyai daya tarik tersendiri dari sektor wisata, lalu apa saja sih tempat wisata di Padang ?

Pada kesempatan kali ini kami akan berbicara mengenai apa saja tempat wisata di Padang yang bisa kita kunjungi ketika berada di ibu Kota Sumatera Barat, sebagian besar objek wisata di Daerah ini di dominasi oleh Pantai, antara lain Pantai Padang, Pantai Pasir Jambak, Pantai Nirwana, dan yang paling terkenal adalah Pantai Air Manis dan Batu Malin Kundang dimana kisah malin kundang seringkali kita dengar dalam sebuah dongeng yang dibacakan oleh ibu guru kita di sekolah.

Pantai Batu Malin Kundang ini terletak di dekat pelabuhan teluk bayur dan yang menjadi maskot pantai ini adalah adanya patung batu yang menyerupai orang sedang sujud, hal ini dipercaya dan menjadi mitos yang berkembang di masyarakat sekitar bahwa patung tersebut merupakan jelmaan dari seseorang bernama Malin dikutuk oleh Ibunya sendiri karena telah berbuat durhaka, dan posisi patung tersebut seakan-akan si Malin sedang memohon maaf kepada sang Ibu sambil bersujud di bawahnya.

Terlepas dari kisah si Malin Kundang, kita juga bisa menemukan beberapa tempat wisata di Padang yang lainnya, seperti Jembatan Siti Nurbaya yang menawarkan panorama sangat indah, khususnya pada malam hari cocok bagi kalian yang hobi fotografi untuk melakukan pengambilan gambar di sore senja. Selain itu, kita juga bisa berlibur sekaligus belajar sejarah dan budaya kota Padang melalui Museum Adityawarman yang terletak di Jalan Diponegoro No. 10, kota Padang, Sumatera Barat.

Objek Wisata di Kota Padang yang Wajib Dikunjungi

Berbicara mengenai objek wisata, hampir semua daerah di Indonesia memiliki beragam tempat wisata, mulai dari wisata alam, wisata bahari, hingga wisata kuliner yang menjadi ciri khas sekaligus menjadi daya tarik bagi wisatawan lokal maupun manca negara untuk berkunjung ke daerah tersebut.

Nah, untuk kota Padang sendiri sedikitnya memiliki 5 tempat wisata yang wajib kalian kunjungi dan untuk lebih jelasnya, berikut kami sajikan dibawah ini mengenai informasi tempat wisata di Padang mulai dari harga tiket masuk, alamat, hingga rute perjalanan yang akan ditempuh.

1.Pantai Padang

Aneka Ragam Tempat Wisata di Padang, Sumatera Barat

Pertama, Pantai Padang ini sangat mudah kita temukan, pasalnya pantai ini memiliki lokasi yang sangat strategis, yakni di dekat pusat perbelanjaan Ramayana Plaza Andalan dan Jembatan Siti Nurbaya yang sangat terkenal.

Disamping itu, untuk tiket masuk Pantai Padang ini setiap pengunjung dikenakan biaya 5.000 rupiah per orang, sedangkan untuk tarif parkir kendaraan roda dua adalah 5.000 rupiah, dan untuk kendaraan roda empat atau lebih dikenakan tarif parkir 10.000 rupiah.

2.Pantai Pasir Jambak

Selanjutnya, kalian juga bisa berkunjung ke Pantai Pasir Jambak yang beralamat di Jalan Teratai, Pasie Nan Tigi, Kota Padang, Sumatera Barat. Kemudian untuk tiket masuk Pantai Pasir Jambak ini setiap pengunjung akan dikenakan tarif sebesar 5.000 rupiah, setelah itu kalian bisa menikmati panorama laut yang sangat menawan dengan hamparan pasir putih serta pepohonan yang berjejer di tepi pantai yang akan memanjakan mata kalian semua.

Disamping itu, jarak Pantai Pasir Jambak dari pusat kota Padang kurang lebih 20 km dan bisa kalian tempuh menggunakan kendaraan pribadi dalam waktu 30 menit.

3.Pantai Air Manis dan Batu Malin Kundang

Selain Pantai Padang dan Pantai Pasir Jambak, kita juga menikmati keindahan alam di Pantai Air Manis sekaligus menyaksikan patung batu Malin Kundang yang dipercaya oleh masyarakat sekitar merupakan jelmaan dari anak yang Durhaka kepada Ibunya.

Kemudian bagi kalian yang berminat berkunjung ke tempat ini, lokasi Pantai Air Manis dan Batu Malin Kundang berada di Kelurahan Aie Mani, Kecamatan Padang Selatan, Kota Padang, Sumatera Barat. Sedangkan untuk biaya masuk tempat ini adalah 5.000 rupiah per orang, dengan tarif parkir 3.000 rupiah untuk kendaraan roda dua, dan 5.000 rupiah untuk kendaraan roda empat.

4.Jembatan Siti Nurbaya

Selain memiliki ciri khas dari segi kuliner, kota Padang juga memiliki ikon berupa Jembatan yang bernama Siti Nurbaya. Jembatan ini merupakan penghubung antara pusat kota Padang dan Seberang Padang.

Jembatan ini berdiri megah diatas sungai Arahku, Kota Padang yang sekaligus menjadi objek wisata warga setempat, khususnya pada malam hari, karena lampu-lampu jalan di sepanjang Jembatan Siti Nurbaya ini tampak begitu cantik ketika sore menjelang malam hari, dan seringkali dijadikan objek foto oleh para fotografer.

5.Museum Adityawarman

Aneka Ragam Tempat Wisata di Padang, Sumatera Barat

Terakhir, setelah puas menikmati keindahan pantai di kota Padang, kalian juga bisa melakukan wisata sekaligus belajar Budaya kota Padang melalui Museum Adityawarman yang berlokasi di Jalan Diponegoro No. 10, kota Padang, Sumatera Barat.

Kemudian untuk biaya masuk objek wisata ini juga sangat murah, yakni 3.000 rupiah untuk dewasa, sedangkan anak-anak hanya dikenakan tarif 2.000 rupiah. Di dalam Museum tersebut kita bisa mempelajari budaya kota Padang, khususnya pada masa pemerintahan Raja Majapahit di abad ke-14.

Berikut merupakan beberapa tempat wisata di Padang yang bisa kalian kunjungi ketika berada di Ibu Kota Sumatera Barat. Seperti yang telah kami simak diatas, dimana Padang memiliki cukup banyak Pantai dengan pesona alam yang sangat indah, seperti Pantai Padang, Pantai Pasir Jambak, dan Pantai Air Manis. Disamping itu, kalian juga berkunjung ke tempat legendaris bernama Batu Malin Kundang yang lokasinya berada di pesisir pantai Air Manis. Selain Pantai, kalian juga bisa berkunjung ke objek wisata lainnya, seperti Jembatan Siti Nurbaya dan Museum Adityawarman. Baiklah, cukup sekian informasi yang bisa kami sajikan, semoga bisa menjadi referensi liburan bagi kalian semua. Terimakasih.

 

 

Tinggalkan Balasan