Agar Puasa Lancar Konsumsilah Makanan Yang Mengandung Serat Tinggi Saat Sahur

0

Mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi sangat penting di waktu kamu berpuasa. Tidak hanya di saat kamu berbuka saja, kosumsi makanan tersebut juga dianjurkan saat waktu sahur. Selain makanan tersebut, penting juga untuk  mengonsumsi makanan yang mengandung serat tinggi agar perut terasa kenyang lebih lama.

Daripada kamu mengonsumsi makanan dalam jumlah banyak di waktu sahur hanya akan membuat kamu sakit perut seperti diare dan perut merasa kekenyangan, tidak jarang juga kamu mengalami muntah jika perut terasa penuh. Berikut makanan yang mengandung serat tinggi yang baik saat saat sahur :

Buah-buahan

Terdapat banyak macam buah-buahan yang mengandung serat yang tinggi. Buah kurma tidak hanya bisa kamu konsumsi disaat berbuka, kamu juga bisa mengonsumsi buah kurma di saat sahur, buah ini mengandung serat yang tinggi sehingga saat kamu mengonsumsi 3 – 5 biji akan membuat perut merasa kenyang lebih lama dan mampu menahan rasa lapar kamu.

Buah stroberi juga mengandung serat yang tinggi,sebab terkandung polifenol yang membuat perut merasa kenyang dan mengandung cairan yang bisa membantu kamu terhindar dari dehidrasi selain mengonsumsi air putih. Buah pisang tinggi akan kandungan seratnya yang mampu membuat perut merasa kenyang cukup lama sebab sistem pencernaan mengalami kelambatan dalam mengolahnya. Buah alpukat memang mengandung serat yang tinggi yang mampu membuat kamu merasa kenyang lebih lama walaupun kamu cuma mengonsumsi buah alpukat ini setengah saja.

Roti gandum

Mengonsumsi roti yang terbuat dari gandum bisa menjadi pilihan untuk kamu konsumsi saat sahur. Seperti yang kita tahu gandum merupakan salah satu bahan makanan penyumbang serat yang tinggi sehingga kamu akan merasa kenyang untuk waktu yang lebih lama. Apalagi jika kamu mengonsumsi roti gandum dengan tambahan selai kacang, buah bahkan coklat tentu akan menambahkan rasa nikmat.

Kamu juga mesti mengonsumsi air putih yang cukup saat sahur sebab rasa kenyang saja tidak cukup saat berpuasa tetapi kamu juga jangan sampai mengalami kehausan bahkan dehidrasi sebab kamu bisa mengalami kelelahan dan bersemangat saat melakukan aktifitas sehari-hari.

Oat

Kamu bisa mengonsumsi makanan tinggi serat ini saat sahur karena biasanya terbuat dari bahan dasar gantum, dengan menambahkan susu segar agar oat terasa lebih nikmat. Tentu saja mengandung nutrisi yang kaya seperti kalsium dan protein hewani yang akan memberikan tambahan nutrisi untuk tubuh.

Selain itu, kamu bisa menambahkan menu lain seperti buah supaya kamu bisa mendapatkan kebutuhan serat dua kali lipat. Selain itu otas termasuk menu makanan yang menyehatkan dan mengenyangkan perut lebih lama.

Sereal

Menu makanan ini juga mengandung serat yang tinggi sehingga mampu membuat kamu tidak merasa lapar dalam jangka waktu cepat. Belum lagi gula yang tinggi didalam sereal akan memberikan sumbangan energi tubuh. Sama seperti oat, saat kemu mengonsumsi sereal kamu bisa menambahkan susu segar, dengan demikian kamu juga akan mendapatkan nutrisi tambahan dari susu tersebut sehingga kamu akan mampu untuk berpuasa dan badan tidak cepat lemas untuk melakukan afktifitas sehari-hari kamu.

Nasi

Makanan pokok ini yang menjadi kegemaran dan favorit masyarakat Indonesia untuk di konsumsi sehari-hari apalagi di saat bulan puasa. Nasi juga mengandung serat yang tinggi dan saat kamu mengonsumsinya di waktu sahur akan membuat perut terasa kenyang lebih lama. Lebih baik jangan mengonsumsi nasi yang ditambahkan lauk yang asin sebabbisa memicu kamu mengalami kehausan dan jangan dikonsumsi dengan lauk yang pedas agar perut tidak mengalami masalah seperti diare.

Tinggalkan Balasan