Sering Kehabisan Uang Sebelum Waktu Gajian? Berikut 7 Cara Pintar Mengatur Gaji Bulanan

0

Menghemat anggaran dan pengeluaran bukanlah hal yang mudah, dimana saat ini tidak sedikit orang merasa kesulitan dalam mengatur gaji bulanan yang diterimanya. Gaya hidup masyarakat modern seringkali menjadi sebab mereka kesulitan dalam mengatur keuangan, sehingga tidak jarang mereka kehabisan uang pada pertengahan bulan. Hal itu disebabkan oleh buruknya kendali pada pengeluaran, sehingga anggaran bulanan tidak terkontrol dengan baik. Nah, jika Anda juga mengalami masalah tersebut, kami akan membagikan tips jitu untuk mengatur gaji bulanan Anda dengan bijak.

Apa saja? Simak tips Warna Biru berikut :


7 Cara Pintar Mengatur Gaji Bulanan


1. Buat Anggaran Bulanan

Rencanakan anggaran bulanan Anda. Mulailah dengan membuat daftar pengeluaran bulanan dan membaginya menjadi tiga bagian:

Anggaran Pokok: seperti biaya untuk makan, ongkos kerja, tagihan listrik dan wifi, cicilan rumah, cicilan motor, mobil dan lain sebagainya.

Anggaran Kedua: Menabung, Invetasi, Ansuransi dan lain-lain. Ini sangat penting karena anda tidak tau kapan akan berhenti bekerja dan menekuni profesi anda saat ini.

Anggaran tersier: untuk rekreasi, Hangout, membeli alat rumah tangga, perangkat elektronik, perhiasan dan lain sebagainya.

Cara ini dapat membantu Anda menjadi pribadi yang tertib dalam mengelolah keuangan pribadi.

2. Jangan Tunda Bayar Tagihan

Segerakan membayar semua tagihan saat Anda menerima gaji. Dari mulai tagihan listrik, telepon, cicilan, dan lain sebagainya. Hal penting agar tidak menggangu biaya kebutuhan Anda sehari-hari. Dengan membayar semua tagihan diawal, Anda tentu lebih tenang dan leluasa dalam mengatur pengeluaran bulanan lainnya.

Menunda bayar tagihan seringkali membuat Orang terjerumus masalah keuangan, apalagi kalau sampai angaran yang seharusnya dialokasikan untuk tagihan terpakai oleh kebutuhan lain. Akibatnya managemen keuangan tidak terkendali, dan seringkali membuat orang jatuh dalam kebiasaan hutang.

3. Sisihkan Gaji Untuk Tabungan

Hal ini penting karena Anda tidak tau kapan akan berhenti bekerja. Ada banyak hal yang bisa saja memaksa Anda berhenti dari pekerjaan Anda saat ini sebelum masa pensiun tiba. Untuk mengantisipasi hal itu, langkah terbaiknya adalah Anda harus rajin menabung mulai dari sekarang.

Biasakanlah menyisihkan gaji bulanan Anda untuk menabung sebelum Anda menggunakannya untuk kebutuhan sehari-hari. Hal ini juga berguna untuk menekan pengeluaran harian yang tidak terlalu penting.

4. Investasi

Setelah Anda menyisihkan gaji untuk tabungan, pertimbangkan juga untuk membangun menyisihkan gaji Anda untuk berinvestasi. Investasi sangat penting untuk masa depan. Tentu Anda ingin hidup berkecukuan dimasa pensiun. Solusinya Anda harus pandai berinvestasi mulai dari sekarang.

5. Buat Laporan Pengeluaran Harian

Membuat laporan pengeluaran harian akan membuat Anda lebih tertib dalam mengatur urusan keuangan. Simpanlah struk belanja setiap kali Anda belanja, dan catatlah semua pengeluaran Anda. Cara ini efektif untuk mengetahui kemana saja perginya uang yang Anda gunakan selama ini, dan juga berguna untuk menganalisa barang apa yang seharusnya tidak perlu Anda beli, serta apa saja yang harus dievaluasi dari pengeluaran bulanan Anda.

6. Miliki Lebih Dari Satu Rekening

Buatlah rekening bank lebih dari satu untuk managemen keuangan Anda. Gunakan satu rekening untuk keperluan sehari-hari, dan gunakan rekening lainnya untuk Tabungan dan Investasi. Tentukan berapa jumlah minimal yang harus dialokasikan untuk menabung dan berinvestasi dari gaji Anda. Lakukan cara ini sebagai hal wajib yang harus Anda penuhi setiap bulan.

7. Evaluasi Pengeluaran Anda

Langkah terakhir adalah dengan melakukan perbandingan dari waktu ke waktu. Dengan data diatas seharusnya Anda bisa menemukan barang apa saja yang seharusnya tidak perlu Anda beli. Dan pengeluaran apa yang memakan anggaran cukup besar.

Carilah solusi untuk bisa lebih menghemat anggaran Anda dengan memangkas pengeluaran yang tidak perlu. Hindari terlalu sering makan diluar rumah dan pergi ke Mall, karena secara tidak langsung hal itu akan membawa Anda pada pemborosan.

Lakukan langkah ini sebagai kebiasan Anda. Dengan melakukan Evaluasi pengeluaran secara berkala, Anda menemukan pengeluaran di bulan apa yang paling cocok untuk diterapkan dan jadikan sebagai standar keuangan Anda.