Pastikan Kosmetik Mata Kamu Tidak Mengandung 7 Bahan Kimia Berbahaya Berikut Ini

0

Saat ingin membeli membeli sebuah produk kosmetik mata, sebaiknya perhatikan dulu formula apa saja yang terkandung dalam kosmetik tersebut. Hal itu musti dilakukan agar kita terhindar dari bahan kimia berbahaya.

Sebagai langkah proteksi, kita wajib tau bahan apa saja yang tidak boleh digunakan untuk membuat produk kecantikan, yang penggunaannya berpotensi merusak organ tubuh. Berikut bahan kimia berbahaya yang harus di waspadai sebelum menggunakan kosmetik mata :

1. Bubuk alumunium

Bubuk ini yang bertugas untuk memberikan warna terhadap make up. Jika kulit kamu sampai bersentuhan dengan bahan kimia akan menimbulkan efek samping seperti mengganggu fungsi organ, sistem metabolism, sistem saraf bahkan jaringan tubuh juga ikut mengalami reaksi. Bubuk alumunium lebih parah dampak negatifnya dibandingkan dari merukuri, Oleh karena itu, kamu harus berhati-hati dalam memilih produk kosmetik yang akan kamu gunakan. Jika tubuh sudah lama terpapar dengan bahan kimia ini akan membuat racun tubuh menjadi tidak bisa dikendalikan dan sulit untuk dibasmi dan meninggalkan tubuh kamu sehingga tubuh akan dipenuhi oleh racun.

2. Parabean

Tidak semua orang merasakan dampak negatif dari kosmetik yang mengandung formula ini. Tetapi ada juga mengalami efek samping dari kontak langsung bahan kimia ini, biasanya mereka mengalami gangguan kelenjar endokrin sehingga bisa mempengaruhi organ reproduksi wanitaa, mengalami pubertas dini dan pada kasus parah kamu mengalami kanker seperti kanker payudara. Tidak hanya itu, efek yang bisa tampak dari bersentuhan bahan kimia ini yaitu mata mengalami kering sebab parabean ini akan menghambat kelenjar minyak yang biasanya melapisi kelopak mata yang membuat mata selalu dalam keadaan lembab.

3. Formalin

Bahan kimia berbahaya ini pastinya sudah dangat familiar di telinga kita. Formalin biasa digunakan untuk mengawetkan mayat, dan merupakan bahan yang tidak layak untuk dikosumsi ataupun dipakai bahan kosmetik.

Bersentuhan langsung dengan formalin dapat menyebabkan berbagai masalah pada kulit, mulai dari alergi, kulit berwarna kemerahan, gatal-gatal, bengkak dan kerusakan kulit tingkat lanjut yang terkadang sulit untuk disembuhkan.

4. Karbon hitam

Hindari menggunakan kosmetik mata yang mengandung karbon hitam, sebab bahan ini bisa memberikan banyak efek negatif terhadap kesehatan.

Karbon hitam dapat membuat seseorang mengalami penurunan fungsi paru-paru, saluran penyempitan saluran nafas apabila tersentuh langsung dengan kulit. Organ tubuh yang keracunan oleh bahan ini akan cepat mengalami penuaan dini.

5. Titanium dioksida

Bahan ini akan membuat tubuh mengalami dampak negatif seperti memicu pertumbuhan sel kanker ditubuh, dan terjadinya gangguan paru-paru yang bisa menyebabkan kamu mengalami sesak nafas.

Selain itu, titanium dioksida juga dapat merusak struktur DNA tubuh dengan cepat jika bahan ini dalam bentuk bubuk.

Namun bukan berarti bahan kimia ini dalam bentuk krim dikatakan aman, yang penting kamu harus selalu waspada dengan produk kecantikan yang kamu pakai.

6. Prime yellow carnauba wax

Bahan ini bersentuhan dengan kulit akan memicum timbulnya iritasi kulit dan mata jika menggunakan kosmetik yang memiliki formula tersebut.

Tidak hanya itu saja, bahan ini akan mengakibatkan terjadinya penyumbatan kelenjar minyak di sekitar mata, memicu mata mengalami kekeringan.

7. Etalomina

Jika kamu terpapar dengan etalomina akan memicu kamu mengidap penyakit kanker seperti kanker hati dan hidung. Bahan ini juga mempengaruhi kesehatan dan fungsi otak kamu sehingga mempengaruhi daya ingat kamu dan sering pelupa.

Itulah penjelasan kami mengenai  7 bahan kimia berbahaya dalam kosmetik mata. Agar terhindar dari bahan kimia berbahaya tersebut, pastikan kamu selalu teliti dalam membeli dan memakai produk yang sudah teruji kualitasnya secara umum.